Angka Kemiskinan di Provinsi Bengkulu Pada Bulan Maret 2024 Turun 0,48 Persen

Angka Kemiskinan di Provinsi Bengkulu Pada Bulan Maret 2024 Turun 0,48 Persen

Angka kemiskinan di Bengkulu terbaru--

RADARUTARA.ID- Angka Kemiskinan di Provinsi Bengkulu pada Maret 2024 mengalami penurunan sebesar 0,48 persen. 

Badan Pusat Statistik menyebutkan angka kemiskinan di Provinsi Bengkulu tercatat mengalami penurunan pada Maret 2024 sebesar 0,48 persen.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal menyanpaikan bahwa, anak kemiskinan di provinsi Bengkulu pada Maret 2024 tercatat berada pada posisi 13,56 Persen. Hal ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan Maret tahun 2024.

"Untuk angka kemiskinan di Maret 2024 ya dicatat sebesar 13,56 persen, ini memang terjadi penurunan dibanding kondisi Maret 2023 pada saat itu masih di atas 14 persen," katanya

BACA JUGA:Ini Komoditi yang Dominan Sumbang Inflasi di Bengkulu

Dikatakannya pula, selain berhasil menurunkan angka Kemiskinan Provinsi Bengkulu juga berhasil menurunkan tingkat kedalaman Kemiskinan. 

"Hal itu menjadi kabar yang cukup baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat, lalu Diikuti dengan penurunan tingkat kedalaman kemiskinan sebesar 0,028 persen, baik secara kedalaman maupun keparahannya," kata dia.

Diungkapkannya pula, penurunan Persentase yang terjadi menunjukan jumlah penduduk di sekitar angka kemiskinan, perbaikan kualitas ekonomi dan taraf hidup.

"Yang di angka kemiskinan keluar di atas garis, diikuti juga dengan peningkatan dari penduduk yang di bawah garis jadi makin mendekat ke batas garis (segera lepas dari kemiskinan)," ucapnya.

Dikatakannya pula, dalam menentukan hal ini BPS menggunakan metode pendekatan kebutuhan minimal untuk memetakan kondisi kemiskinan di Provinsi Bengkulu selama satu tahun terakhir.

"Pendekatan baik itu untuk makanan dan non-makanan, jadi kalau makanan itu ukurannya itu adalah kecukupan 2.100 kalori, artinya keluarga yang mengonsumsi di bawah 2.100 kalori per hari dikategorikan belum sejahtera," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: