Benarkah Pelihara Kucing Bikin Susah Hamil, Mitos atau Fakta?

Benarkah Pelihara Kucing Bikin Susah Hamil, Mitos atau Fakta?

Benarkah Pelihara Kucing Bikin Susah Hamil, Mitos atau Fakta?--

RADARUTARA.ID- Banyak orang yang percaya kalau pelihara kucing akan membuat wanita jadi susah hamil. Tetapi, apakah anggapan tersebut adalah sebuah fakta atau sekadar mitos belaka?

Untuk kamu pencinta kucing, tam perlu khawatir berlebihan. Karena, pernyataan bahwa kucing bikin susah hamil hanyalah mitos belaka. Sebenarnya, yang menjadi akar masalah, bukanlah kucingnya, namun parasit toksoplasma (toxoplasma gondii) yang kerap hinggap di tubuh kucing.

Apa itu parasit toksoplasma? Berikut ini ulasannya.

Seperti yang telah disebut di atas, penyebab seorang wanita susah hamil bukanlah kucing, namun dari parasit toksoplasma yang memicu penyakit toksoplasmosis. Parasit ini termasuk berbahaya, khususnya bagi orang yang mempunyai sistem imun yang lemah. Karena, parasit ini bisa mengganggu janin.

BACA JUGA:Kue Gunjing, Kue Tradisional Khas Suku Rejang yang Masih Bertahan di Era Modern

Menurut penelitian yang dilakukan International Journal of Fertility & Sterility, pada wanita hamil, toksoplasmosis bisa menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati.

Bahkan, pada penelitian lain yang dilakukan American Journal of Epidemiology and Infectious Disease, menjelaskan bahwa ada korelasi antara infeksi toksoplasmosis dengan peningkatan risiko menurunnya kesuburan.

Risiko itulah yang membuat adanya anggapan kalau memelihara kucing bisa menyebabkan wanita susah hamil. Tak hanya itu, penyakit toksoplasmosis bisa menular ke manusia melalui berbagai cara.

BACA JUGA:Keuntungan Belanja di Apple Store Indonesia yang Ada di Blibli, Apa Saja?

Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut ini:

* Menyentuh kotoran kucing ketika membersihkan kucing

* Menyentuh tanah tempat kucing jalan atau bermain

* Makan daging yang tidak matang

* Minum air yang terkontaminasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: