Mengenal Ketupat Santan Khas Bengkulu yang Pulen dan Gurih, Sajian Spesial di Hari Raya

Mengenal Ketupat Santan Khas Bengkulu yang Pulen dan Gurih, Sajian Spesial di Hari Raya

Mengenal Ketupat Santan Khas Bengkulu yang Pulen dan Gurih, Sajian Spesial di Hari Raya--

RADARUTARA.ID - Selain mempunyai beraneka ragam bentuk kulit atau bungkus, ketupat biasanya diisi dengan beras. Sesudah direbus menjadi lembut pulen kemudian dimakan dengan aneka lauk pauk. Tiap daerah memiliki jodoh lauk yang berbeda dan enak.

Kalau di daerah Jawa ketupat kerap disajikan bersama sayur gurih labu siam, opor ayam, sambal goreng kentang dan udang atau hati ayam. Ditambahkan taburan serundeng dan kerupuk, sehingga menjadi sajian yang lezat.

Sedangkan di daerah Sumatra Barat, masyarakat Minang kerap menikmati ketupat dengan gulai cubak, gulai paku dengan lauk rendang daging dan telur balado. Aneka lauknya sangat beragam tergantung dari daerahnya.

Kalau di Sumatra Utara, umumnya ketupat dimakan dengan sayur gurih Medan dengan bumbu tauco, dan lauk rendang daging, telur balado serta kering kentang dan tempe.

BACA JUGA:Lagi Rame Cek Khodam Online, Simak Cara Mainnya Disini

Bukan hanya diisi dengan beras, di Bengkulu, ketupat diisi dengan beras ketan, ketan hitam atau ketan putih. Bentuk kulit ketupatnya lebih kecil dan dimasak dengan santan sehingga gumpalan blondo yang gurih bersatu membalut ketupat ketan ini.

Ketupat santan atau katupek pulut ini selain dimakan dengan gulai, juga disajikan dengan tape ketan hitam. Fermentasi ketan hitam yang legit dengan penuh air ini paling cocok dimakan dengan ketan pulut yang lembut dan gurih.

Di Provinsi Sumatra Utara, ketupat ketan dimasak dengan kulit ketupat yang agak besar. Dimakan bersama gulai korma kambing. Menghadirkan cita rasa pulen dan legit sehingga cocok dimakan dengan kuah gulai yang gurih asam pedas.

BACA JUGA:Mengandung Banyak Serat dan Zat Besi, Ini 7 Manfaat Daun Kari bagi Kesehatan

Kalau mau membuatnya sendiri, kamu bisa menyiapkan kulit ketupat yang agak mungil ukurannya. Berikut ini tips membuat katupek santan.

Supaya pulen dan empuk, rebus ketupat ketan dengan air biasa sampai setengah matang. Kemudian rebus dengan santan kental sampai ketupat matang dengan gumpalan santan yang melekat pada bagian ketupat.

Sesudah dingin, ketupat santan enak dimakan dengan cocolan tape ketan hitam. Tape ketan hitam dapat dibeli siap saji di pasar tradisional. Ketupat santan ini bisa jadi pilihan ketika kumpul keluarga di hari Raya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: