Ramai di Bahas, Apa itu Kratom dan Kenapa Disebut Seperti Narkoba? Berikut Penjelasannya

Ramai di Bahas, Apa itu Kratom dan Kenapa Disebut Seperti Narkoba? Berikut Penjelasannya

Ramai di Bahas, Apa itu Kratom dan Kenapa Disebut Seperti Narkoba? Berikut Penjelasannya--

RADARUTARA.ID- Tanam kratom adalah tanaman berasal dari Asia Tenggara, banyak tumbuh di Indonesia, Malaysia dan Thailand. Tanaman, ini sudah digunakan sejak dulu dalam pengobatan tradisional dan terbukti menyembuhkan beberapa penyakit seperti nyeri. 

Namun sejak beberapa tahun terakhir, ini tanaman kratom banyak di ekspor ke berbagai negara dan menjadi salah satu sumber penghasilan bagi sejumlah negara. Tapi, hingga saat ini tanaman kratom masih ramai dibahas lantaran efeknya seperti Narkoba

Lalu, apa itu sebenarnya kratom dan apa manfaatnya bagi kesehatan? Simak penjelasan berikut ini. 

Apa Itu Tanaman Kratom?

Dikutip Buku Kratom Prospek Kesehatan dan Sosial Ekonomi, kratom (Mitragyna speciosa Korth) termasuk ke dalam suku Rubiaceae seperti tanaman kopi. Secara morfologi, kratom berupa tanaman pohon dengan batang lurus dan kulit batang berwarna abu kecoklatan.

Warna tulang dan urat daun menjadi salah satu parameter pembeda, dikarenakan terdapat dua jenis warna, yakni hijau dan coklat kemerahan. Kratom tumbuh subur di daerah dekat aliran sungai pada jenis tanah alluvial yang kaya bahan organik.

Akan tetapi, kratom bukan termasuk tanaman air namun mempunyai kemampuan bertahan hidup apabila kondisi lahan sewaktu-waktu tergenang air. Di daerah Kapuas Hulu, kratom banyak ditanam masyarakat di halaman, dan untuk budidaya skala luas dilakukan di kebun dan di lahan dekat sungai.

Secara tradisional di Malaysia dan Thailand, kratom digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, relaksasi, mengatasi diare, menurunkan panas, dan mengurangi kadar gula darah. Sedangkan di Indonesia, kratom digunakan untuk menambah stamina, mengatasi nyeri, rematik, hipertensi, asam urat, diabetes, gejala stroke, susah tidur, luka, batuk, kolesterol, tipes, hingga menambah nafsu makan.

Kandungan Tanaman Kratom

Dilansir Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, daun kratom memiliki kandungan senyawa aktif yang berkontribusi pada efek terapeutiknya. Beberapa senyawa utama yang terkandung di dalam daun kratom antara lain:

- Mitragynine

- 7-hydroxymitragynine

- Speciociliatine

- Corynantheidine

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: