Kenali 5 Penyebab Rambut Lepek, Salah Satunya Karena Faktor Genetik

Kenali 5 Penyebab Rambut Lepek, Salah Satunya Karena Faktor Genetik

Kenali 5 Penyebab Rambut Lepek, Salah Satunya Karena Faktor Genetik--

RADARUTARA.ID- Rambut lepek dan berminyak tentu menjadi hal yang tidak sedap dipandang. Penyebab Rambut lepek bisa terjadi akibat faktor dari dalam dan luar diri kamu. Saat Rambut lepek tidak cepat diatasi, kamu akan merasa tidak nyaman ketika beraktivitas lantaran rambut terasa berat dan lengket. Pada sebagian orang mungkin rambut akan menimbulkan bau yang tidak sedap hingga ketombe.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut jadi mudah lepek. Hal ini berhubungan dengan produksi minyak atau sebum yang berfungsi menghidrasi kulit kepala serta melindungi rambut.

Ketika beraktivitas, minyak ini akan bercampur dengan kotoran dan juga keringat. Penyebab rambut lepek dari dalam diri berhubungan dengan jenis rambut dan pengelolaan stres. Sedangkan, faktor luar yang membuat rambut mengalami minyak berlebih seperti cuaca, polusi, dan cara perawatan yang salah.

BACA JUGA:Keluaran Lama, tapi Kenapa iPhone 13 Masih Diburu Konsumen sampai 2024? Ternyata Ini Alasannya

1. Keramas berlebih

Keranas yang terlalu sering pada beberapa orang akan membuat rambut memproduksi minyak berlebih. Saat kamu selalu mencuci rambut dengan sampo, kulit kepala akan mendapat sinyal untuk memproduksi lebih banyak sebum. Sehingga, sebum akan menumpuk di kepala.

2. Tipe rambut

Jenis rambut juga bisa memengaruhi rambut menjadi lepek. Biasanya tipe rambut lurus lebih rentan lepek lantaran batangnya tidak mempunyai tekstur atau gelombang. Minyak juga lebih gampang meluncur ke batang rambut serta tersebar di semua kepala.

BACA JUGA:Membludak, SIM Keliling Polres Bengkulu Utara Dibanjiri Masyarakat

3. Genetik

Kalau keluarga kamu umumnya mempunyai rambut yang lepek atau minyaknya berlebih, kemungkinan kamu juga mendapatkan gen turunan seperti itu. Cara mengatasi hal itu yang bisa kamu coba yaitu dengan keramas secara rutin. Pastikan sampo yang dipakai cocok dengan apa yang sedang kamu alami.

4. Sering memainkan rambut dengan tangan

Kerap memainkan rambut juga bisa menjadi penyebab rambut lepek lantaran tangan rentan terhadap kotoran. Kalau kamu kerap memainkan rambut dengan tangan, hal tersebut bisa menyebarkan minyak di kulit kepala hingga ke seluruh rambut. Rambut juga akan gampang rusak karena kotoran dari tangan yang menempel di sana.

5. Cara keramas yang salah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: