Makanan Khas Kaur, Ini 6 Manfaat Gurita Bagi Kesehatan Tubuh

Makanan Khas Kaur, Ini 6 Manfaat Gurita Bagi Kesehatan Tubuh

Makanan Khas Kaur, Ini 6 Manfaat Gurita Bagi Kesehatan Tubuh --

RADARUTARA.ID- Gurita merupakan salah satu hewan laut yang mengagumkan. Memiliki tubuh yang lunak dengan delapan lengan dan dilengkapi dengan penghisap di setiap ujungnya. Karena keunikan struktur tubuhnya inilah yang membuat Gurita menjadi makhluk paling menarik untuk dipelajari.

Gurita bukan cuma menarik, namun juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di setiap 100 gram daging gurita, mengandung beberapa nutrisi penting mulai dari protein, zat besi, vitamin B12, selenium, fosfor, hingga kalium. Bahkan, gurita juga mengandung lemak, kolesterol, vitamin C, vitamin A, magnesium, serta zinc.

Berikut ini beberapa manfaat gurita bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Membludak, SIM Keliling Polres Bengkulu Utara Dibanjiri Masyarakat

1. Sumber Antioksidan

Dalam tubuh Gurita mengandung senyawa antioksidan, terutama vitamin E, yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, meminimalkan risiko penuaan dini, hingga memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis.

2. Meredakan Depresi

Asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA, dalam gurita bisa membantu meredakan depresi serta mengurangi risiko gangguan mood. Berdasarkan data kesehatan yang menunjukkan penurunan depresi dengan pengobatan EPA.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 didalam daging gurita mampu memenuhi kebutuhan docosahexaenoic acid (DHA) harian yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian terbaru, DHA dan eicosapentaenoic acid (EPA) bisa membantu menjaga stabilitas lipid darah, tekanan darah, denyut jantung, hingga mengurangi peradangan.

BACA JUGA:Danau Picung, Jadi Destinasi Pilihan Keluarga untuk Menikmati Libur Sekolah

4. Mencerdaskan Otak

Daging gurita bukan cuma lezat namun juga cocok untuk dinikmati oleh anak-anak. Adanya Kandungan omega-3, zat besi, dan magnesium didalam gurita, dapat merawat kesehatan saraf otak pada anak. Penelitian menyebutkan bahwa magnesium mendukung aktivitas otak yang sehat, memori, serta proses belajar, potensial dalam meningkatkan fungsi kognitif otak.

5. Membantu Mengatasi Anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: