Ini Alasan Mengapa Sapi Kurban Menangis saat Hendak Disembelih, Menurut Pandangan Islam dan Dokter Hewan

Ini Alasan Mengapa Sapi Kurban Menangis saat Hendak Disembelih, Menurut Pandangan Islam dan Dokter Hewan

Ini Alasan Mengapa Sapi Kurban Menangis saat Hendak Disembelih, Menurut Pandangan Islam dan Dokter Hewan--

RADARUTARA.ID- Mengapa sapi  kurban menangis saat hendak disembelih menurut Islam? Apakah ini menandakan sedih, takut, atau bahagia?

Pasa artikel ini, kita akan membahas dari sudut pandang Islam serta dari sudut pandang ilmiah.

1. Hewan Ternak Mempunyai Kelenjar Air Mata

Kelenjar ini berfungsi dalam memproduksi air mata pada hewan. Adapun proses ini disebut dengan lakrimasi. Sama seperti manusia, kelenjar ini terletak di area kelopak mata bagian atas.

Air mata pada hewan ternak mempunyai fungsi untuk membersihkan dan melumasi mata mereka. Air mata juga dapat membantu melindungi mata dari infeksi dan iritasi. Bahkan, air mata juga mengandung zat-zat yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Hari Pertama Dibuka, Pasar Murah Gelaran Pemprov Bengkulu Mulai Diserbu Masyarakat

2. Kondisi yang Membuat Air Mata Sapi Keluar

Air mata pada sapi kurban umumnya keluat ketika terpapar asap, debu, dan lainnya. Hal ini merupakan respon fisiologis, pertahanan tubuh untuk membuang benda-benda halus yang menempel pada area mata.

Bahkan, air mata juga bisa keluar lantaran adanya inflamasi atau infeksi pada mata. Contohnya, sapi bisa terkena penyakit kanker mata yang disebabkan oleh virus papiloma.

Kondisi seperti ini bisa membuat sapi kurban tampak seperti sedang menangis. Tetapi, hal ini bukan berarti sapi merasakan emosi seperti manusia.

Banyak ilmuwan yang sepakat kalau manusia merupakan satu-satunya makhluk hidup yang memproduksi air mata lantaran alasan emosional.

Kesimpulannya, tidak benar kalau sapi kurban menangis karena takut akan disembelih atau bahkan terharu karena hendak dikorbankan.

BACA JUGA:Catat! Berikut Daftar Kode Rahasia Meteran Listrik PLN dari Berbagai Merek, Salah Satunya untuk Memeriksa ID

3. Penjelasan Islam tentang Sapi Kurban Menangis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: