Viral! Jus Daun Pepaya Disebut Bisa Sembuhkan DBD, Begini Faktanya

Viral! Jus Daun Pepaya Disebut Bisa Sembuhkan DBD, Begini Faktanya

Viral! Jus Daun Pepaya Disebut Bisa Sembuhkan DBD, Begini Faktanya--

RADARUTARA.ID- Sempat beredar di sejumlah grup media sosial percakapan yang menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi jus daun pepaya bisa menyembuhkan demam berdarah dengue (DBD).

Kabar tersebut beredar melalui pesan berantai yang mengatasnamakan info dari mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof A A Mattjik tersebut, beredar di sejumlah grup percakapan di WhatsApp.

"Berdasarkan pengalaman dari seorang anak laki-laki yang telah sembuh dari penyakit demam berdarah. Setelah sebelumnya mengalami masa kritis di ICU ketika trombositnya mencapai angka 15 dan menghabiskan 15 liter transfusi darah," demikian keterangan seperti dikutip dari laman IPB, Kamis 13 Juni 2024.

"Ayah dari anak tersebut mendapatkan rekomendasi dari temannya tentang Juice Daun Pepaya Mentah," lanjutnya.

BACA JUGA:Masih Bingung Berat Badan Sudah Ideal atau Belum? Begini Cara yang Benar untuk Menghitungnya

Terkait hal, ini pihak IPB menyatakan bahwa pesan yang beredar tersebut adalah informasi salah alias hoaks alias bohong.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi, turut menegaskan, bahwa tidak terdapat bukti ilmiah terkait jus daun pepaya mentah yang dapat menyembuhkan demam berdarah dengue.

Menurutnya, semua obat harus ada uji klinis, dan yang disebut di dalam postingan hanya berdasarkan pengalaman.

"Tidak bisa testimonial satu-dua orang saja lalu sesuatu bisa menjadi obat," ujar Nadia dilansir dari detikcom, Rabu 12 Juni 2024.

Diketahui, Kandungan pada daun pepaya sendiri bukanlah obat alternatif demam berdarah dengue, melainkan membantu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: