Perhatikan Tetanggamu yang Pulang dari Haji, Jika Memiliki Ciri-ciri Ini Maka Dia Termasuk Haji Mabrur

Perhatikan Tetanggamu yang Pulang dari Haji, Jika Memiliki Ciri-ciri Ini Maka Dia Termasuk Haji Mabrur

Ciri-ciri haji mabrur setelah pulang ibadah haji--

RADARUTARA.ID- Setiap orang pergi haji tentu menginginkan ibadah hajinya berpredikat "mabrur". Dari sisi bahasa, kata mabrur adalah isim maf'ul yang seakar dengan kata al-birr yang artinya kebaikan atau kebajikan. 

Sedangkan istilah haji mabrur artinya, haji yang diterima oleh Allah SWT dan dampaknya bisa dilihat dari pelakunya yang senantiasa menebar kebaikan atau kebajikan. 

Tapi, memperoleh haji mabrur tidak mudah, karena ada sebab mencapai hal ini. Dimana orang yang pergi haji harus mempersiapkan terlebih dahulu hal-hal yang mendukung pencapaian haji mabrur.

Dalam kesempatan, ini kita tidak akan membahas bagaimana mencapai haji mabrur, tapi lebih fokus membahas ciri-ciri seseorang yang mendapatkan predikat mulai itu. 

Apabila saudara anda memiliki ciri-ciri ini sepulang dari haji, maka Insya Allah dia adalah haji mabrur.  

BACA JUGA:Top 3 Jalan Tol Terpendek di Indonesia, Bengkulu Urutan Berapa?

Balasan Orang yang Mendapatkan Haji Mabrur

Melansir dari NU Online, dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW memberikan penjelasan terkait pahala atau balasan bagi jamaah haji yang mendapatkan predikat mabrur.

الْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا الْجَنَّةُ

Artinya, “Tidak ada balasan (yang pantas diberikan) bagi haji mabrur kecuali surga,” (HR Bukhari).

Predikat mabrur memang hak prerogatif Allah SWT untuk disematkan kepada hamba yang dikehendaki-Nya. Tetapi seseorang yang dapat meraih haji mabrur pasti memiliki ciri-ciri tersendiri.

Selain dalam kitab Shahih al-Bukhari, hadis ini juga terdapat dalam kitab Shahiih Muslim (no. 2403), Sunan at-Tirmidzi (no. 855), Sunan Ibnu Majah (no. 2879) dan Sunan an-Nasa-i (no. 2582].

BACA JUGA:Lima JCH dari Makassar Wafat, Provinsi Bengkulu Nihil

Ciri-Ciri Seseorang Mendapatkan Haji Mabrur

Predikat mabrur memang hak prerogatif Allah SWT untuk disematkan kepada hamba yang dikehendaki-Nya. Tetapi seseorang yang dapat meraih haji mabrur pasti memiliki ciri-ciri tersendiri. Rasulullah SAW juga pernah memberikan kisi-kisi tanda atau ciri-ciri bagi setiap orang yang mendapatkan predikat mabrur hajinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: