Adab Ketika Bersin dalam Ajaran Islam, Umat Muslim Wajib Tahu!

Adab Ketika Bersin dalam Ajaran Islam, Umat Muslim Wajib Tahu!

Adab Ketika Bersin dalam Ajaran Islam, Umat Muslim Wajib Tahu!--

RADARUTARA.ID- Bersin merupakan proses alami dari tubuh yang terjadi saat saluran pernapasan mengalami iritasi. Menurut dunia medis, Bersin punya tujuan untuk mengeluarkan bakteri secara paksa.

Saat bersin, udara keluar membawa debu, kotoran hingga bakteri yang ada di dalam sistem pernapasan. Bersin merupakan rahmat dari Allah lantaran memberi manfaat bagi kesehatan.

Bersin memang terjadi secara mendadak tanpa bisa dikontrol, tetapi saat hendak bersin alangkah baiknya mencoba berusaha untuk tetap merendahkan suara dan tidak sengaja mengeraskan suara bersin.

Lalu, seperti apa adab yang wajib diperhatikan saat bersin?

BACA JUGA:Ingat, Ini 4 Adab yang Harus Diperhatikan Saat Menguap

Berikut ini beberapa adab ketika bersin yang wajib diperhatikan umat muslim.

1. Menutup Hidung dengan Kain

Adab yang pertama saat bersin yaitu menutup hidung dengan kain atau sapu tangan supaya tidak menyebarkan virus kepada orang lain. Dari Abu Hurairah ia berkata,

"Sesungguhnya Rasulullah SAW jika bersin beliau menutup wajahnya dan menyembunyikan bersinnya." 

2. Mengucap Alhamdulilah Setelah Bersin

Sesudah bersin, ia hendaknya mengucap hamdalah. Sedangkan orang yang mendengarnya mengucapkan Yarhamullah kalau yang bersin laki-laki dan Yarhamukillah kalau yang bersin perempuan.

3. Merendahkan Suara Bersin

Bagi yang bersin hendaknya untuk merendahkan suaranya. Saat bersin, kaum muslimin tentu mengeluarkan suara keras yang mengejutkan, itu sebabnya dianjurkan untuk merendahkan suara dengan cara meletakkan tangan ataupun kain ke area wajahnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: