Tak Perlu ke Eropa, Ini 5 Tempat Bersalju di Indonesia, Suhunya Mencapai 0 Derajat Celsius

Tak Perlu ke Eropa, Ini 5 Tempat Bersalju di Indonesia, Suhunya Mencapai 0 Derajat Celsius

Tak Perlu ke Eropa, Ini 5 Tempat Bersalju di Indonesia, Suhunya Mencapai 0 Derajat Celsius--

RADARUTARA.ID- Tempat yang memiliki suhu rendah ini dapat ditemukan di beberapa penjuru di Tanah Air dengan keunikannya masing-masing.

Walaupun dikenal sebagai negara tropis, tetapi tempat bersalju di Indonesia ini muncul lantaran berbagai alasan. Salah satunya akibat kondisi geografis yang unik dan ekstrem.

Beberapa tempat di Indonesia punya elevasi yang cukup tinggi, khususnya di pegunungan Papua dan pegunungan Jayawijaya.

Elevasi tinggi ini membuat suhu udaranya menjadi sangat rendah, bahkan di bawah titik beku, sehingga membuat salju terbentuk. Berikut ini Tempat Bersalju di Indonesia yang Mirip di Luar Negeri:

BACA JUGA:Mirip Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Seragam PNS dan PPPK Berdasarkan Aturan Mendagri

1. Puncak Jaya, Papua

Puncak Jaya  adalah bagian dari Pegunungan Sudirman di Papua, yang menjadi titik tertinggi di Indonesia. Di puncak gunung dengan ketinggian 4.862 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, kadang-kadang terbentuk salju atau es lantaran elevasi yang sangat tinggi. 

2. Puncak Trikora, Papua

Puncak Trikora merupakan gunung tertinggi kedua di Papua sesudah Puncak Jaya. Walaupun lebih rendah yaitu 4.730 mdpl, elevasi yang cukup tinggi membuatnya punya kemungkinan untuk terjadi salju atau es di puncaknya. 

BACA JUGA:Hanya Beberapa Detik, Begini Cara Membeli Token Listrik Lewat Aplikasi DANA

3. Puncak Mandala, Papua

Puncak Mandala merupakan salah satu puncak tertinggi di Pegunungan Jayawijaya, Papua. Lantaran ketinggiannya 4.760 mdpl, kadang-kadang terbentuk es atau salju di puncak gunung ini.

4. Puncak Jayawijaya, Papua

Selain Puncak Jaya yang menjadi puncak tertinggi, Pegunungan Jayawijaya di Papua juga punya beberapa puncak lainnya yang bisa mengalami fenomena salju atau es saat kondisi cuaca tertentu. Gunung ini punya ketinggian mencapai 4.884 mdpl. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: