Membaca Doa Keluar Rumah Agar Dijaga Para Malaikat dan Adab yang Harus Diperhatikan dalam Islam

Membaca Doa Keluar Rumah Agar Dijaga Para Malaikat dan Adab yang Harus Diperhatikan dalam Islam

Membaca Doa Keluar Rumah Agar Dijaga Para Malaikat dan Adab yang Harus Diperhatikan dalam Islam--

RADARUTARA.ID- Menginjakkan kaki ke luar rumah sebaiknya dibarengi suasana hati yang tenang. Salah satu cara untuk menggapainya yaitu dengan memanjatkan doa.

Selain menjadi bagian dari persiapan, membaca doa sebelum keluar rumah juga memberikan waktu kepada kita untun mengistirahatkan pikiran dan tidak terburu-buru.

Dalam agama Islam, ada banyak doa yang bisa dibaca untuk mengantarkan seseorang sebelum melakukan kegiatan sesederhana keluar rumah. Demi kegiatan yang diberkahi, berikut ini doa yang sebaiknya dibaca sebelum keluar rumah:

Bismillaahi tawakkaltu 'alal laahi laa haula walaa quwwata illaa billaah(i)

Artinya: "Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah tiada daya untuk memperoleh manfaat dan tiada pula kuasa untuk menolak mudarat melainkan dengan pertolongan Allah". (HR Abu Daud dan Tirmizi).

BACA JUGA:5 Rekomendasi Handphone Oppo Terbaik 2024, Dijamin Murah dan Bikin Kamu Tambah Keren

Dalam agama Islam, ada beberapa adab yang dianjurkan ketika keluar rumah, hal ini bertujuan untuk membawa keberkahan dan perlindungan dalam aktivitas sehari-hari:

1. Niat yang Baik

Sebelum keluar rumah, sebaiknya seseorang berniat baik, seperti mencari rezeki yang halal maupin ilmu pengetahuan. Niat yang baik diharapkan akan membawa kemudahan serta keberkahan dari Allah SWT.

2. Keluar dengan Kaki Kanan

Disunnahkan untuk memulai langkah keluar rumah menggunakan kaki kanan sebagai tanda untuk mengutamakan yang lebih baik.

3. Memastikan Keamanan Rumah

Dalam Islam juga mengajarkan betapa pentingnya melakukan usaha nyata dalam menjaga keamanan, contohnya mengunci pintu, yang menjadi bentuk tawakkal sesudah berusaha.

4. Berzikir Sepanjang Perjalanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: