Mengenal 7 Jenis Varietas Durian Unggulan di Provinsi Bengkulu

Mengenal 7 Jenis Varietas Durian Unggulan di Provinsi Bengkulu

Mengenal 7 Jenis Varietas Durian Unggulan di Provinsi Bengkulu--

RADARUTARA.ID- Jika membahas durian, harusnya ingat Provinsi Bengkulu. Sebagai wilayah yang ada di pesisir pantai Pulau Sumatera, tak bisa dipungkiri Provinsi Bengkulu adalah salah satu daerah penghasil durian di Indonesia.

Seperti yang diketahui, asal mulanya durian rata-rata berasal kawasan hutan di Sumatera, Kalimantan dan hingga ke Malaysia.

Di zaman dulu, pohon durian dianggap bagian dari tanaman liar yang menyebar luas di semua kawasan Asia Tenggara sampai ke India dan Papua Nugini, bahkan ke Pakistan.

Di Indonesia sendiri, durian banyak ditemui di Pulau Sumatera, termasuk di Provinsi Bengkulu. Selain juga memang seiring dengan berjalannya waktu durian kemudian banyak dibudidayakan di beberapa daerah di luar Pulau Sumatera hingga Kalimantan.

BACA JUGA:Sandalnya Ketelisut di Masjid Nabawi, Telapak Kaki Jamaah Haji Lansia Ini Melepuh

Hal yang menarik, di Provinsi Bengkulu durian bukan cuma punya satu jenis saja. Paling tidak ada 7 jenis durian yang berhasil diidentifikasi di Provinsi Bengkulu dan merupakan varietas unggulan di Bumi Rafflesia ini.

Salah satu varietas durian populer di Provinsi Bengkulu yaitu jenis Bentara. Bentara adalah singkatan dari kata Bengkulu Utara yang mencerminkan identitasnya berasal dari salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Bukan hanya Bentara, apa pula varietas unggulan lokal yang asalnya dari Desa Batu Layang Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara dan terkenal sebagai Durian Tembaga.

Durian Bentara punya ciri khas dengan bentuk bulat yang mirip dengan telur terbalik, mudah dibelah, aromanya yang sedap, punya daging tebal dengan warna kuning tembaga dan bijinya kecil lonjong.

Durian jenis Bentara ini dapat tumbuh dan berbuah atau beradaptasi bahkan di dataran rendah sekalipun. Disisi lain, paling tidak ada 7 jenis varietas durian lokal Provinsi Bengkulu yang layak untuk didaftarkan sebagai durian unggulan nasional.

BACA JUGA:Ibu Tak Perlu Emosian, Ini 7 Trik Mendisiplinkan Balita yang Super Aktif, Dijamin Berhasil

Berdasarkan data Tim Pendaftaran Varietas Lokal (BPTP) Balitbangtan Provinsi Bengkulu bersama tim dari Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) serta Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Tengah, ini dia 7 jenis durian khas Provinsi Bengkulu.

1. Durian Selayang Gusti

2. Durian Selayang Leles

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: