Walau Sangat Menyayangi, Namun Memanjakan Anak Ternyata Bukanlah Sebuah Solusi, Sebab Ada Dampak Buruknya

Walau Sangat Menyayangi, Namun Memanjakan Anak Ternyata Bukanlah Sebuah Solusi, Sebab Ada Dampak Buruknya

Walau Sangat Menyayangi, Namun Memanjakan Anak Ternyata Bukanlah Sebuah Solusi, Sebab Ada Dampak Buruknya--

5. Interaksi Sosial yang Buruk

Ketika anak selalu dimanja oleh orang tuanya, interaksi sosial mereka dengan orang lain atau teman sebaya menjadi buruk. Mereka cenderung kurang peka, kurang empati, dan kurang peduli pada sekitarnya. Tidak aneh jika anak yang dimanja sering sembarangan dalam berucap dan bertindak kepada orang lain, karena kurangnya belah kasih dan kepedulian sejak kecil.

6. Mentalnya Lemah

Memanjakan anak hanya akan melahirkan mental yang lemah. Keteguhan diri mereka mudah goyah, dan mereka cenderung menjadi sosok yang tidak tegas ketika dewasa nanti. Hal ini disebabkan karena memanjakan anak secara berlebihan sama saja dengan mencegah mereka untuk merasakan betapa keras dan pahitnya kehidupan.

Sebagai orang tua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita. Namun, memberikan kasih sayang dan memenuhi kebutuhan mereka bukan berarti harus memanjakan secara berlebihan.

Memberikan bimbingan, disiplin, dan kesempatan untuk belajar mandiri jauh lebih penting bagi perkembangan anak. Dengan demikian, mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang tangguh, bertanggung jawab, dan mampu menghadapi tantangan kehidupan dengan baik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: