Desa di Ulok Kupai Bersiap Usulkan DD Tahap II, Camat Tekankan Dua Hal Ini

Desa di Ulok Kupai Bersiap Usulkan DD Tahap II, Camat Tekankan Dua Hal Ini

Target usulan Dana Desa tahap 2 Tahun 2024--

RADARUTARA.ID- Camat Ulok Kupai, Kadino, S.Sos, melalui Sekcam, Juliarto, SIP, mengungkapkan, tahapan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap realisasi dana desa (DD) tahap I TA 2024 telah dilaksanakan.

Hasilnya, sebagian besar desa terpantau sudah merealisasikan dan menuntaskan serapan anggaran DD di tahap I sesuai program kerja yang direncanakan pada APBDes.

"Meskipun belum semua desa, tapi tahapan Monev sudah mulai kita laksanakan. Dari desa yang sudah kita Monev seluruh pekerjaannya di tahap I sudah selesai," ungkap Sekcam, Jumat (17/5).

BACA JUGA:Gotong Royong Kurang Efektif Cegah DBD, Camat: Kita Minta Seluruh RT Ajak Warga Bersihkan Rumah Masing-masing

Ditambahkan Sekcam, bagi desa yang pekerjaannya di tahap I sudah tuntas telah bersiap untuk mengusulkan pencairan DD tahap II. Namun, kata Sekcam, sebelum dilakukannya usulan di tahap II ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi oleh setiap desa.

"Antara bangunan fisik dan LPJ harus sinkron, artinya saat usulan disampaikan seluruh pekerjaan di tahap I baik dari sisi fisik kegiatan sampai laporan pertanggung jawabannya harus clear. Maka dari, itu desa-desa yang sedang bersiap mengusulkan DD tahap II harus mempersiapkan syarat dan ketentuan tersebut," pungkasnya.

Seperti tahapan sebelumnya, lanjut Sekcam, pada usulan DD tahap II nantinya tim verifikasi kecamatan akan kembali memonitoring seluruh hasil capaian desa di tahap I.

"Nanti berkas usulan tahap II akan kita periksa lagi. Untuk mensinkronkan antara pekerjaan yang sudah direalisasikan oleh desa dengan laporan pertanggung jawabannya. Dengan demikian kita harapkan seluruh pekerjaan yang dilaksanakan oleh desa benar-benar dapat dipertanggung jawabkan" demikian Sekcam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: