Bikin Merinding, Cerita Mistis Dibalik Watu Dodol di Banyuwangi, Sejak Zaman Belanda Tak Dapat Dipindahkan

Bikin Merinding, Cerita Mistis Dibalik Watu Dodol di Banyuwangi, Sejak Zaman Belanda Tak Dapat Dipindahkan

Bikin Merinding, Cerita Mistis Dibalik Watu Dodol Di Banyuwangi. Sejak Zaman Belanja Tak Dapat Dipindahkan--

RADARUTARA.ID- Banyuwangi terkenal dengan berbagai pesonanya, tak hanya wisata alam yang indah, namun juga cerita mistis yang melegenda.

Salah satu tempat yang menyimpan banyak misteri adalah Watu Dodol, sebuah batu besar yang berada di tengah jalan raya Situbondo-Banyuwangi. Konon, batu ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan memiliki banyak cerita mistis yang bikin bulu kuduk berdiri. 

Berikut 4 kisah misteri populer yang menyelimuti Watu Dodol:

1. Patung Gandrung Menari Sendiri

Di atas Pantai Watu Dodol terdapat patung penari gandrung yang konon sering terlihat bergerak dan menari sendiri. Banyak warga yang melihat wajah patung ini berekspresi berbeda-beda. Keangkeran patung ini pun pernah diliput acara TV dan dikunjungi paranormal yang menyatakan bahwa patung tersebut memiliki roh gaib.

BACA JUGA:7 Mitos Mengerikan Bagi Orang Sunda, Salah Satunya Larangan Menikah dengan Orang Jawa

2. Batu Besar yang Tak Bisa Dipindahkan

Watu Dodol, batu besar yang menjadi asal-usul nama tempat ini, konon tak bisa dipindahkan dengan cara apapun. Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari dipecah hingga ditarik dengan kapal, namun tak ada yang berhasil. Kejadian ini membuat warga percaya bahwa batu ini dijaga oleh mahluk gaib dan merupakan pintu gerbang kerajaan yang dilalui utusan Ratu Pantai Selatan.

3. Bungker Jepang Penuh Misteri

Di atas bukit Watu Dodol terdapat bungker peninggalan Jepang yang dulunya digunakan sebagai benteng pertahanan. Kini, bungker ini menjadi tempat favorit para petapa untuk bersemedi dan konon dapat menembus hingga ke Alas Purwo dan pantai selatan. Konon, banyak kejadian mistis yang terjadi di dalam bungker ini.

BACA JUGA:Wow, Ini Deretan Negara Terindah di Dunia, Ada Indonesia!

4. Sumur Air Tawar Ajaib

Di bawah Patung Gandrung terdapat sumber air tawar yang ajaib. Airnya tetap tawar meskipun air laut pasang dan masuk ke dalam sumber ini. Konon, air ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Penduduk sekitar sering menggunakan air ini untuk upacara keagamaan, terutama umat Hindu.

Kisah-kisah misteri ini hanyalah sebagian kecil dari cerita rakyat yang beredar di Watu Dodol. Keberadaannya menjadi bukti kekayaan budaya dan tradisi Banyuwangi yang masih lestari hingga sekarang. Bagi para pencari sensasi, Watu Dodol bisa menjadi tujuan wisata yang menantang dan memacu adrenalin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: