Dusun Tempel, Kampung Ekstrim di Pinggir Jurang, Kemiringannya Hingga 33 Derajat

Dusun Tempel, Kampung Ekstrim di Pinggir Jurang, Kemiringannya Hingga 33 Derajat

Dusun Tempel, Kampung Ekstrim di Pinggir Jurang, Kemiringannya hingga 33 Derajat--

RADARUTARA.ID- Dusun Tempel adalah desa paling ekstrem di Indonesia, yang letaknya ada di tepi jurang, kemiringan hingga 33 derajat.

Kecamatan Selo, yang lokasinya ada di lereng gunung Merapi dan Merbabu, menyajikan panorama alam yang memukau dari dua gunung tersebut.

Desa ini merupakan hidden gem di Kabupaten Boyolali karena memiliki pemandangan menakjubkan. Dusun Tempel, berbatasan langsung dengan Dusun Bentrokan, Kabupaten Magelang, sehingga menarik perhatian sebagai pusat kehidupan di Kabupaten Boyolali.

BACA JUGA:Intip Fakta Unik Liku Sembilan di Bengkulu, Jalur Unik yang Buat Mabuk Kepayang

Desa ini punya karakteristik geografis yang unik dan kehidupan masyarakat yang cukup menarik. Perjalanan menuju Dusun Tempel dapat ditempuh sekitar 1 jam dari alun-alun Boyolali.

Tetapi, perjalanan kesini memerlukan kendaraan yang handal dan pengemudi yang ahli lantaran jalanannya cukup ekstrem.

Walaupun terletak di lereng jurang yang curam, Dusun Tempel tetap menjadi tempat tinggal untuk penduduk setempat, mayoritas dari mereka berprofesi sebagai petani.

Dalam kehidupan sehari-hari, mereka wajib berhadapan dengan kondisi geografis yang ekstrem. Kondisi jalanan yang sempit dan terjal adalah tantangan utama bagi warga Dusun Tempel.

BACA JUGA:Terlihat Bak Orang Baik, Ternyata Psikopat Bisa Dilihat dari Tanda Ini

Infrastruktur yang terbatas dengan risiko rumah yang ada di pinggir jurang juga menjadi fokus perhatian bagi pemerintah setempat.

Walaupun dihadapkan dengan kondisi alam yang sulit, semangat dan keberanian masyarakat di Dusun Tempel mampu menginspirasi banyak orang.

Karena mereka menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan kegembiraan, walaupun di lingkungan yang keras.

Di Dusun Tempel, mata akan disuguhkan dengan panorama alam yang memukau, terutama pemandangan gunung Merapi yang gagah. Walaupun jalanan yang sempit dan ekstrem, tetapi kecantikan alam sekitar membuatnya sebagai tempat yang layak untuk dikunjungi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: