Awas Jangan Sampai Terbalik! Ini Perbedaan Penggunaan MasyaAllah dan Subhanallah yang Tepat

Awas Jangan Sampai Terbalik! Ini Perbedaan Penggunaan MasyaAllah dan Subhanallah yang Tepat

Awas Jangan Sampai Terbalik! Ini Perbedaan Penggunaan MasyaAllah dan Subhanallah yang Tepat--

RADARUTARA.ID- Tak jarang dari umat muslim kerap mengalami kekeliruan dalam melafalkan Masya Allah dan Subhanallah. Padahal, kedua frasa ini punya makna yang berbeda antara satu sama lain. Pelafalan juga punya perbedaan.

Ada beberapa referensi tentang makna keduanya yang membuatnya tampak sama, namun sebenarnya berbeda secara penggunaannya. 

Pendakwah kondang, Buya Yahya, mengungkapkan beberapa orang menganggap kalau 'MasyaAllah' dipakai kepada hal yang baik, sementara 'Subhanallah' dipakai kepada hal yang buruk.

"Tidak seperti itu, dan tidak harus seperti itu," ucap Buya Yahya.

BACA JUGA:Apakah Benar, Hukum Walimatus Safar Sebelum Naik Haji Adalah Bid'ah? Begini Kata Buya Yahya

Baginya, 'MasyaAllah' dapat digunakan jika melihat sesuatu yang mengagumkan dan baik. Ucapan ini juga menghindari hasutan dari orang-orang yang mungkin punya sifat dengki.

Adapun 'Subhanallah', lanjut pengasuh LPD dan Pondok Pesantren Al-Bahjah ini, merupakan ucapan terhadap sesuatu yang menimbulkan keheranan. Kalimat ini bisa digunakan pada sesuatu yang baik maupun tidak baik.

"Keheranan itu bisa merujuk pada sesuatu yang luar biasa ataupun sesuatu yang keterlaluan dan menimbulkan kegemasan (kesal)."

"Sehingga, 'Subhanallah' sifatnya Maha Suci Allah, sementara 'MasyaAllah' sifatnya lebih kepada memohon perlindungan supaya tidak terkena hasutan. Wallahu a'lam bishawab," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: