Kirain Sama Aja! Ternyata Ini Perbedaan Mentega, Butter, Margarin, dan Roombutter

Kirain Sama Aja! Ternyata Ini Perbedaan Mentega, Butter, Margarin, dan Roombutter

Kirain Sama Aja! Ternyata Ini Perbedaan Mentega, Butter, Margarin, dan Roombutter--

RADARUTARA.ID- Bagi pemula yang baru dalam dunia per-rotian atau kue, pasti sulit untuk membedakan antara mentega, margarin, butter dan roombutter. Sekilas memang tampilan dari keempat bahan tersebut cukup mirip, tetapi ternyata keempatnya ternyata jenis yang berbeda.

Perbedaan Mentega, Margarin, Butter dan Rombutter

1. Mentega 

Mentega akan lebih gampang leleh jika diletakkan pada suhu tertentu. Tekstur mentega lembut. Bahkan margarin punya titik leleh yang tinggi yaotu 37 - 42 derajat celcius. Walaupun demikian, mentega punya cita rasa serta aroma yang khas lantaran terbuat dari susu sapi.

2. Margarin 

Margarin adalah produk nabati yang dibuat dari minyak tumbuhan. Margarin punya tekstur dan aroma yang tidak sekuat butter lainnya. Tetapi perlu diketahui, margarin tidak gampang meleleh. Margarin punya warna kuning dan sedikit bersinar.

BACA JUGA:Beli Rumah Tapi Masih Pakai SHGB? Begini Cara Mengubahnya Agar Menjadi SHM

3. Butter

Serupa dengan mentega, butter adalah salah satu produk hewani yang terbuat dari susu atau krim. Biasanya, butter terbuat dari susu sapi. Tetapi bisa pula dibuat dari jenis susu lain, contohnya seperti susu kambing atau domba. Tekstur butter sedikit lebih lembut jika dibandingkan dengan yang lainnya, selain itu butter punya warna kuning tetapi sedikit memudar. Penggunaan butter sendiri lebih banyak untuk kue Eropa seperti black forest.

4. Roombutter 

Roombutter merupakan jenis butter yang berkualitas. Lantaran kualitasnya yang baik, harganya cukup mahal. Roombutter punya aroma wangi yang khas, dan tekstur yang lembut. Roombutter punya titik leleh yang rendah lantaran mengandung lemak susu sapi paling sedikit 80%.

Roombutter sendiri punya warna kuning terang dan banyak dipakai untuk membuat kue kering.

Itu dia perbedaan antara mentega, margarin, butter dan roombutter. Bedanya memang terlihat tipis, tetapi tetap saja berbeda.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: