Ini Dia Keutungan Jadi Anggota Paskibraka yang Wajib Kamu Ketahui

Ini Dia Keutungan Jadi Anggota Paskibraka yang Wajib Kamu Ketahui

Ini Dia Keutungan Jadi Anggota Paskibraka Yang Wajib Kamu Ketahui--

RADARUTARA.ID- Dalam setiap tahunnya seluruh daerah di Indonesia melaksanakan seleksi perekrutan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, baik untuk tingkat darah, provinsi hingga Nasional.

Dalam setiap perekrutan berlangsung, partisipasi para siswanya juga sangat membludak. Salah satunya bisa terlihat di Kabupaten Bengkulu Utara. Dimana pada pelaksanaan seleksi calon Paskibraka yang di buka pada tahun 2024, berhasil di ikuti oleh sebanyak 230 siswa dari berbagai sekolah tingkat SMA sederajat.

Oleh karena itu, tak bisa di pungkiri menjadi Paskibraka bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi para pesertanya. Sebab, untuk menjadi bagian dari anggota Paskibraka itu bukanlah perkara mudah. Mereka harus melalui tahapan seleksi yang sangat ketat.

BACA JUGA:Berikut Deretan Profesi dengan Gaji Paling Tinggi di Indonesia

Lantas apa saja si keuntungan jadi Paskibraka?

1. Bisa Mendapat Ilmu Kemiliteran

Adapun salah satu keuntungan menjadi Paskibraka yaitu bisa mendapatkan ilmu kemiliteran seperti disiplin, tepat waktu, berintegritas, kerja sama tim yang baik, dan lain sebagainya. Sebab, dalam proses seleksinya, para anggota Paskibraka akan diberikan serangkaian pelatihan semi militer yang tak bisa didapatkan oleh masyarakat pada umumnya.

2. Memiliki Sikap Patriotisme Tinggi

Patriotisme merupakan sikap cinta tanah air mencakup rela berkorban untuk bangsa, negara, dan sesama. Dimana ilmu-ilmu tersebut akan diberikan kepada para calon anggota Paskibraka dengan tujuan agar mengetahui bahwa momen pengibaran bendera pusaka saat hari Kemerdekaan Republik Indonesia sangatlah penting. Karena merupakan lambang negara yang dalam mencapai kemerdekaan dibutuhkan pengorbanan yang sangat besar.

BACA JUGA:Obat Herbal Ala dr Zaidul Akbar, Rahasia Kesehatan Jantung dari Air Rebusan Ketumbar

3. Menjadi Prestasi yang Berharga

Bisa menjadi seorang Paskibraka bukan merupakan perkara mudah. Sebab harus melalui seleksi yang ketat dan harus mampu mengalahkan peserta lain. Bahkan jumlahnya hingga ratusan. Oleh karena itu ketika kita bisa lulus seleksi maka hal itu menjadi sebuah kebanggan, karena tidak bisa di ukur dengan materi.

4. Menjadi Sebuah Pengalaman yang Tak Banyak Dimiliki oleh Orang Lain

Menjadi seorang Paskibraka merupakan pengalaman yang tak banyak bisa dimiliki oleh orang. Salah satu contoh, dengan menjadi anggota Paskibraka, maka kalian bisa mengibarkan Bendera Pusaka dengan disaksikan oleh pejabat negara, baik pusat maupun daerah hingga masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: