Jangan Salah! Begini Niat dan Tata Cara Mengqodho Sholat Magrib di Waktu Isya yang Benar

Jangan Salah! Begini Niat dan Tata Cara Mengqodho Sholat Magrib di Waktu Isya yang Benar

Jangan Salah! Begini Niat dan Tata Cara Mengqodho Sholat Magrib di Waktu Isya yang Benar--

RADARUTARA.ID- Dalam mengerjakan sholat fardhu lima waktu, tak jarang seseorang muslim melewatkannya karena uzur atau mendapati halangan tertentu, salah satunya melewatkan sholat magrib sampai waktu isya tiba. Tapi, ada sebagian kalangan muslim yang belum paham soal niat dan tata cara Menggodho sholat magrib di waktu isya yang benar. 

Menurut buku 'Panduan Shalat dalam Keadaan Darurat' karya Drs H Nor Hadi, mengqodho sholat adalah cara bagi setiap muslim untuk mengerjakan sholat di luar waktu yang telah ditetapkan. Anjuran mengenai pengerjaan qodho sholat harus dilakukan sesegera mungkin saat umat Islam mengingat bahwa ada sholat yang tertinggal untuk dikerjakan.

Selanjutnya, disampaikan juga dalam buku 'Seri Fiqih Kehidupan 3 : Shalat' karya Ahmad Sarwat ada beberapa uzur atau halangan yang dapat menjadi penyebab seorang diwajibkan untuk mengqodho sholatnya. Beberapa penyebab yang dimaksud seperti sakit, dalam perjalanan, perang, tidak adanya air dan tanah, hingga tertidur.

Begitupun bagi seorang muslim yang telah meninggalkan sholat maghrib akibat uzur atau halangan tertentu. Situasi tersebut membuat dirinya dapat membayar atau mengqodho sholat maghrib yang tertinggal di waktu sholat isya tiba.

Lalu, bagaimanakah niat dan tata cara mengqodho sholat maghrib di waktu isya?

Supaya mengetahui terkait hal tersebut, berikut informasi terkait niat hingga tata cara mengqodho sholat Maghrib dan Isya yang diharapkan dapat menjadi salah satu panduan bagi kaum muslim.

Kewajiban Mengqodho Sholat Fardhu

Terkait kewajiban melakukan sholat fardhu sudah dijelaskan dalam sejumlah hadits hingga dalil di dalam Al-Quran. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan dalam buku 'Buku Panduan Sholat Lengkap (Wajib & Sunah)' karya Saiful Hadi El Sutha, bahwa perintah sholat telah disampaikan melalui firman Allah SWT dalam Surat An-Nisa ayat 103. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya:

"Apabila kamu telah menyelesaikan sholat, berdzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah sholat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya sholat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin."

Sementara itu, masih dikatakan dalam buku sebelumnya bahwa sejumlah hadits menyebutkan mengenai pengerjaan qodho sholat. Dianjurkan bahwa saat seorang muslim meninggalkan satu sholat fardhu, maka kewajiban bagi dirinya adalah mengqodho sholat yang tertinggal. Terlebih apabila tertinggalnya sholat tersebut dikarenakan uzur atau halangan tertentu. Disunnahkan bagi setiap muslim untuk menyegerakan qodho sholat.

Meskipun mendapatkan keringanan karena dapat mengqodho sholat, sejatinya meninggalkan sholat fardhu merupakan perbuatan yang termasuk dalam dosa. Oleh karena itu, selain mengqodho sholat yang ditinggalkan, kaum muslim juga sangat dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Niat Mengqodho Sholat Maghrib di Waktu Isya

Lantas bagaimana bacaan niat mengqodho sholat Maghrib di waktu Isya? Sebelum menunaikan qodho sholat Maghrib di waktu Isya, hendaknya kaum muslim untuk mengamalkan bacaan niatnya terlebih dahulu. Dilansir detikHikmah, berikut bacaan niat mengqodho sholat maghrib di waktu isya yang dapat diamalkan oleh kaum muslim:

أصلي فرض المغرب قضاء لله تعالى

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: