Mengenal Ragam Pakaian Adat Bengkulu, dari Busana Pengantin hingga Batik

Mengenal Ragam Pakaian Adat Bengkulu, dari Busana Pengantin hingga Batik

Mengenal Ragam Pakaian Adat Bengkulu, dari Busana Pengantin hingga Batik--

RADARUTARA.ID- Apa saja yang kamu ketahui tentang Provinsi Bengkulu? Dari banyaknya budaya yang unik, apakah kamu sudah mengenal pakaian adat Bengkulu?

Jika belum, coba baca pada artikel sebelum ini ya. Biasanya pakaian adat Bengkulu dipakai dalam upacara adat dan prosesi pengantin oleh mempelai wanita dan mempelai pria.

Masyarakat Bengkulu merupakan masyarakat multi-etnis sehingga ikut memengaruhi keragaman busana adatnya. 

Beberapa etnis yang tingga di provinsi yang beribukota di Kota Bengkulu ini diantaranya suku Melayu, Rejang, Muko-Muko, Kaur dan lainnya.

BACA JUGA:Pejuang Dolar Jangan Bingung, Begini Cara Mengisi Akun Pembayaran FB Pro Tanpa NPWP di Tahun 2024

Selain baju adat, ada pula pakaian adat Bengkulu yang umumnya dikenakan oleh pengantin. Baju pengantin Bengkulu dibuat lebih mewah dan dirangkai dengan upacara adat pernikahan Bengkulu.

1. Baju Pengantin Pria Bengkulu

Baju pengantin pria Bengkulu terdiri atas pakaian sejenis jas tertutup yang berbahan dasar beludru hitam, merah tua atau biru tua ditambah dengan taburan corak-corak sulaman atau lempeng-lempeng emas.

Baju tersebut dikombinasikan dengan celana sebatas lutut serta kain songket yang dililitkan pada bagian pinggang. Lalu, sebagai pelengkap busana, dipakai pula perhiasan kalung bersusun serta mahkota dengan hiasan gunjai-gunjai. Dipakai pula alas kaki beludru dengan corak-corak keemasan, sebilah keris dan gelang emas di tangan sebelah kanan.

2. Baju Pengantin Wanita Bengkulu

Baju pengantin wanita Bengkulu juga berbahan dasar dari beludru hitam, merah tua atau biru tua, serupa dengan baju pengantin pria Bengkulu. Bahkan, ada kelengkapan lain seperti mahkota keemasan yang dikenalan, sera perhiasan lain berupa kalung bersusun, ikat pinggang, hingga gelang emas di kedua pergelangan tangan. Dikenakan pula alas kaki berupa selop yang bersulam emas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: