Mengenal Baju Adat Pria dan Wanita Bengkulu Beserta Perlengkapannya

Mengenal Baju Adat Pria dan Wanita Bengkulu Beserta Perlengkapannya

Mengenal Baju Adat Pria dan Wanita Bengkulu Beserta Perlengkapannya--

RADARUTARA.ID - Semua provinsi di Indonesia pasti punya keragaman bahasa, tarian dan pakaian adat yang berbeda-beda. Semua pakaian adat memiliki ciri khas masing-masing, salah satunya di Provinsi Bengkulu.

Baju adat Bengkulu atau biasa disebut dengan pakaian adat Melayu Bengkulu. Apa saja atribut yang dikenakan dalam pakaian adat bengkulu?

BACA JUGA:Fungsi Centang Biru di Facebook dan Instagram, Sekedar Gaya-gayaan atau Memang Ada Manfaatnya?

Baju adat Bengkulu dibedakan untuk pria dan wanita. Berikut letak perbedaannya:

1. Baju Adat Pria Bengkulu

Baju adat pria Bengkulu diantaranya ada jas, sarung celana panjang, alas kaki, tutup kepala serta sebuah keris. Umumnya, jas yang dikenakan dalam adat Bengkulu berwarna gelap, contohnya hitam atau biru tua.

Bahan jasnya sendiri asalnya dari kain bermutu tinggi contohnya wol atau sejenisnya. Celananya juga berbahan dasar dari bahan dan warna yang sama.

BACA JUGA:Rewang, Tradisi Gotong Royong ala Masyarakat Jawa di Kemumu yang Masih Terjaga Hingga Saat Ini

2. Baju Adat Wanita Bengkulu

Baju adat Bengkulu yang dikenalan oleh kaum wanita yakni seperti baju kurung berlengan panjang yang berbahan dasar dari l beludru. Baju ini memiliki hiasan bertabur corak-corak, dan dilengkapi sulaman emas berbentuk lempengan-lempengan bulat yang mirip dengan uang logam.

Sedangkan, warna untuk baju kurung biasanya berwarna merah tua, biru tua, lembayung maupin hitam. Pemakaian baju kurung wanita ini digabungkan dengan sarung songket berhias emas atau perak yang berbahan dasar dari bahan sutra.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: