Potong Kuku Itu Ada Sunnahnya Juga Lho! Begini Tata Cara Potong Kuku Menurut Islam

Potong Kuku Itu Ada Sunnahnya Juga Lho! Begini Tata Cara Potong Kuku Menurut Islam

Potong Kuku Itu Ada Sunnahnya Juga Lho! Begini Tata Cara Potong Kuku Menurut Islam--

RADARUTARA.ID- Menjaga kebersihan dan kesucian diri merupakan kewajiban dan keharusan yang harus dilakukan baik itu sebelum menjalankan aktivitas atau melaksanakan ibadah. Salah satunya dengan memastikan kebersihan kuku dengan rutin memotong serta membersihkannya dari kotoran dengan menempel. Sebab pembersihan dan memotong kuku merupakan bagian dari kebersihan dan bagian dari fitrah Amalia. 

Seperti yang dijelaskan di dalam sebuah buku yang berjudul fakta ilmiah amal sunnah rekomendasi nabi yang ditulis oleh Haviva, menyebut bahwasanya dengan memotong dan membersihkan kuku dari kotoran-kotoran yang menempel dapat membuat proses bersuci menjadi lebih sempurna, sebab dengan kotoran-kotoran yang menempel pada kuku dapat menghalangi air menyentuh bagian yang tertutup di tersebut sehingga proses bersuci menjadi tidak sempurna. 

Salah satunya diterangkan di dalam sebuah hadis rasulullah yang berbunyi:

"Termasuk sunnah-sunnah fitrah adalah mencukur bulu kemaluan, memotong kuku dan mencukur kumis." (HR Imam Bukhari)

BACA JUGA:Jadilah Orang yang Peka, Ini 10 Ciri-ciri Orang yang Terjerat Judi Online Akut, Adakah Disekitarmu?

Dijelaskan di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh imam muslim bahwasanya seseorang muslim sebaiknya tidak membiarkan kukunya panjang lebih dari 40 hari lamanya. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini: "Ditetapkan waktu bagi kami dalam memotong kumis, menggunting kuku, mencabut rambut ketiak, dan mencukur rambut kemaluan agar kami tidak membiarkannya lebih dari 40 malam," (HR Muslim)

Dalam memotong kuku sendiri disarankan pada saat hari-hari baik saja seperti yang diterangkan di dalam sebuah buku fiqih praktis sehari-hari yang ditulis oleh Farid nu'man menerangkan bahwasanya Islam menetapkan hari-hari tertentu dalam memotong kuku, namun para ulama salaf cenderung memilih hari Jumat dalam melakukannya karena hari tersebut dianggap sebagai hari raya mingguan bagi umat Islam.

Berbeda pendapat yang diutarakan oleh ulama mazhab Imam Syafi'i menyarankan agar memotong kuku di hari Kamis dan Senin, hal itu dilakukan sebab kedua hari tersebut dianggap membawa keberkahan yang bisa menjadi momen yang tepat untuk menjalankan amalan sunnah ini.

BACA JUGA:Seperti Tokoh Supernatural, Ini 4 Zodaik yang Punya Insting Tajam dan Firasat Kuat

Selain mengenai hari Islam juga mengatur mengenai tata cara untuk memotong kuku yang baik dan benar secara spesifik, seperti yang ditulis di dalam sebuah buku yang berjudul jangan remehkan amalan-amalan ringan yang ditulis oleh Abdul Aziz Sa'dua. Berikut merupakan tata cara yang tepat dalam memotong kuku diantaranya:

1. Mulai dari jari telunjuk tangan kanan.

2. Lanjutkan ke jari tengah tangan kanan.

3. Kemudian, potong jari manis tangan kanan.

4. Setelah itu, potong jari kelingking tangan kanan (abaikan ibu jari tangan kanan untuk saat ini).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: