Wajib Lakukan Hal Ini Agar Motor Injeksi Anda Tetap Prima dan Awet

Wajib Lakukan Hal Ini Agar Motor Injeksi Anda Tetap Prima dan Awet

Wajib Lakukan Hal Ini Agar Motor Injeksi Anda Tetap Prima dan Awet--

Adapun tips selanjutnya yaitu rawatlah motor injeksi dengan melakukan servis kendaraan secara berkala atau rutin. Adapun waktu yang ideal untuk servis ini yaitu setiap 3.000 kilometer atau sesuai dengan buku petunjuk servis yang Anda miliki. 

Akan tetapi beda persoalannya jika motor yang Anda miliki merupakan kendaraan harian, maka akan lebih baik  jika Anda melakukan servis setiap satu bulan sekali untuk menjaga performa mesin agar tetap prima.

BACA JUGA:Jajan Pasar di Bengkulu, Ini Resep Kue Lumpang yang Kenyal Legit

5. Pemeriksaan ECU

ECU atau Electronic Control Unit merupakan otak dari pengoperasian mesin motor injeksi. Adapun fungsinya yaitu, mengatur takaran bahan bakar yang akan disemprotkan hingga buka atau tutup klep injektor.

Oleh karena itu, jika ECU mengalami gangguan, maka sudah bisa dipastikan kinerja mesin motor secara keseluruhan juga bisa terganggu. Oleh karena itu, melakukan pengecekan pada ECU secara berkala juga merupakan salah satu bentuk perawatan motor injeksi yang perlu Anda diperhatikan. 

6. Pilih Bahan Bakar Dengan Nilai Oktan yang Tinggi

Adapun tips terakhir untuk merawat motor injeksi adalah, selalu menggunakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan 90 atau lebih. Dengan bahan bakar jenis ini maka bisa membantu proses pembakaran motor injeksi menjadi lebih sempurna. 

Misalnya bahan bakar Pertamax. Dimana BBM jenis ini memiliki nilai oktan 92. Dengan nilai oktan yang tinggi itu maka secara otomatis mesin pembakaran akan lebih sempurna, sehingga tidak meninggalkan residu yang bisa meninggalkan kerak.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: