Wudhu Tapi Sambil Ngobrol dengan Teman di Sebelah, Bagaimana Hukumnya? Apakah Sah? Begini Penjelasan Ulama

Wudhu Tapi Sambil Ngobrol dengan Teman di Sebelah, Bagaimana Hukumnya? Apakah Sah? Begini Penjelasan Ulama

Wudhu Tapi Sambil Ngobrol Dengan Teman Disebelah. Bagaimana Hukumnya? Apakah Sah? Begini Penjelasan Ulama--

RADARUTARA.ID - Ibadah shalat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim, sebelum melaksanakan ibadah salat seorang muslim harus senantiasa mensucikan diri dengan cara berwudhu. Wudhu menjadi salah satu syarat sah atau tidaknya salat seorang hamba.

Namun pada prakteknya seringkali kita menemukan orang ketika sedang berwudhu ia berbicara, hal tersebut kemudian muncul pertanyaan apakah hal tersebut diperbolehkan dan bagaimana hukumnya? 

Sedangkan perintah wudhu sendiri telah dengan jelas terdapat di dalam Alquran surah almaidah ayat ke-6 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ٦

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu berdiri hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku serta usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki. Jika kamu dalam keadaan junub, mandilah. Jika kamu sakit, dalam perjalanan, kembali dari tempat buang air (kakus), atau menyentuh perempuan, lalu tidak memperoleh air, bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menjadikan bagimu sedikit pun kesulitan, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu agar kamu bersyukur."

BACA JUGA:Misteri Air Terjun Curug Sembilan Bengkulu Utara, Dua Pengunjung Tersesat Karena Takabur

Diterangkan di dalam sebuah buku yang ditulis oleh rizam aizid yang berjudul Salah Kaprah! Shalat, Puasa, Sedekah, dan Doa Penyebab Ibadah Tertolak, Rezeki Seret, dan Hidup Ruwet.

Dijelaskan bahwasanya menurut mayoritas para ulama hukum berbicara ketika berwudhu adalah makruh, meskipun hukumnya tidaklah haram namun kita tetap dianjurkan lebih baik untuk jangan berbicara. Sebab hal tersebut dapat membuat kita dan hati kita berpaling daripada Allah SWT. 

Selain itu imam an-nawawi juga menjelaskan bahwasanya, kita tidak diperkenankan berbicara jika tidak perlu ketika sedang berwudhu tanda. Selain itu juga disampaikan oleh imam Al Bu hati Al Hambali pada tasyahul Kana bahwasanya" Tidak dianjurkan untuk berbicara ketika wudhu, bahkan dimakruhkan. Ini adalah pendapat sekelompok ulama. Dan banyak pula ulama yang bersepakat bahwasanya ketika kita sedang berwudhu alangkah baiknya untuk tidak berbicara jika tidak perlu. 

Nah maka daripada itu untuk kesempurnaan salat kita alangkah baiknya ketika berwudhu harus tetap khusyuk dan mengingat Allah SWT, selain itu kita juga diminta untuk senantiasa taat kepada Allah dan menjalankan segala perintahnya serta menjauhi segala larangan-larangannya. Perbanyaklah berbuat baik dan mengerjakan amal ibadah untuk bekal akhirat kelak.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: