Sama-sama Jadi Buruan Kolektor, Ini Perbedaan Satria Hiu dan Satria Lumba, Mana yang Kamu Sukai?

Sama-sama Jadi Buruan Kolektor, Ini Perbedaan Satria Hiu dan Satria Lumba, Mana yang Kamu Sukai?

Sama-sama Jadi Buruan Kolektor, Ini Perbedaan Satria Hiu dan Satria Lumba, Mana yang Kamu Sukai?--

RADARUTARA.ID- Bagi pecinta motor bebek yang sporty, Suzuki Satria pasti menjadi salah satu pilihan terfavorit.  Nah, di Indonesia, Suzuki Satria pernah mengeluarkan beberapa seri, termasuk Satria Hiu dan Satria Lumba. Sekilas mungkin terlihat mirip, tapi kedua motor ini punya beberapa perbedaan lho. Yuk, kita lihat apa saja bedanya!

1. Mesin

Perbedaan utama terletak pada mesinnya. Meski sama-sama 120 cc, mesin Satria Hiu lebih bertenaga. Satria Hiu bisa mencapai 15 dk, sedangkan Satria Lumba hanya 13 dk.  Selain itu, kelistrikan Satria Hiu lebih canggih dan versi terbaru sudah injeksi, yang berarti lebih mudah perawatannya.

2. Performa

Dengan tenaga mesin yang lebih besar, tentunya Satria Hiu punya performa yang lebih baik. Akselerasinya lebih cepat dan lincah. Ini cocok banget buat kamu yang suka motor dengan tarikan yang responsif. Sebaliknya, Satria Lumba dengan tenaga yang sedikit lebih rendah mungkin terasa kurang bertenaga di tanjakan atau saat berboncengan.

BACA JUGA:Ini Tips Modifikasi Honda Beat, Motor Keren dan Anti Boncos

3. Kenyamanan

Suspensi Satria Hiu cenderung lebih keras dibanding Satria Lumba.  Hal ini memang bertujuan untuk menunjang performa dan handling, tapi efeknya bisa sedikit kurang nyaman untuk penggunaan sehari-hari di jalan yang kurang bagus. Di sisi lain, suspensi Satria Lumba yang lebih empuk menawarkan kenyamanan yang lebih baik untuk penggunaan harian, terutama di jalanan yang tidak rata.

4. Desain

Dilihat dari desain, sebenarnya kedua motor ini tidak jauh berbeda.  Sama-sama mengusung desain sporty khas Satria dengan body ramping yang aerodinamis dan setang underbone.  Namun, ada sedikit perbedaan pada striping dan lampu belakang.

Satria Hiu biasanya memiliki striping yang lebih sporty dan agresif, sedangkan Satria Lumba cenderung memiliki striping yang lebih simpel.  Untuk lampu belakang, Satria Hiu menggunakan lampu model kotak, sedangkan Satria Lumba menggunakan lampu model runcing.

BACA JUGA:4 Zodiak yang Sulit Ditaklukan, Bikin Penasaran dan Jadi Tertantang

5. Harga

Karena performanya yang lebih baik, biasanya Satria Hiu dibanderol dengan harga sedikit lebih mahal dibanding Satria Lumba.  Namun, ini tentunya tergantung kondisi dan tahun pembuatan motor ya.  Satria Hiu bekas yang lebih tua mungkin bisa ditemukan dengan harga yang tidak jauh berbeda dari Satria Lumba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: