Negara Ini Ternyata Memiliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Negara Ini Ternyata Memiliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Negara Ini Ternyata Memiliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia--

RADARUTARA.ID- Bagi perempuan kehilangan pasangan yang menyedihkan sering kali diikuti dengan perjuangan panjang untuk memperoleh hak-hak dasar dan mendapatkan penghargaan mereka yang layak. 

Bagi banyak perempuan di seluruh dunia, kehilangan pasangan yang menyedihkan sering kali diikuti oleh perjuangan panjang untuk memperoleh hak-hak dasar dan mendapatkan penghargaan mereka yang layak. 

Dilansir dari United Nations, Senin, 28 Apriil 2024, menyebut jumlah janda di seluruh dunia mencapai lebih dari 258 juta, para janda seringkali terpinggirkan, tidak mendapatkan dukungan dan diabaikan dalam struktur sosial.

Sejarah menunjukkan, bahwa para janda sering kali kehilangan hak warisan dan aset mereka. Selain itu, diperlakukan secara tidak adil setelah pasangan mereka meninggal, sering kali diusir dari posisi mereka dan dihadapkan pada stigma dan diskriminasi yang ekstrim karena dianggap sebagai ‘pembawa’ penyakit.

BACA JUGA:Harga Bekas Motor Bebek Legendaris Satria Hiu Tembus Rp50 Juta, Meski Harga Selangit Namun Tetap Jadi Buruan

Di seluruh dunia, perempuan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menerima pensiun hari tua dibandingkan laki-laki, sehingga kematian pasangan dapat menyebabkan kemiskinan bagi perempuan yang lebih tua.

Sejak tahun 2011, PBB memperingati tanggal 23 Juni sebagai Hari Janda Internasional (Resolusi A/RES/65/189) untuk menyoroti suara dan pengalaman para janda serta memberikan mereka dukungan unik yang mereka perlukan. Saat ini, terdapat lebih banyak peluang untuk bertindak guna mencapai hak penuh dan pengakuan bagi para janda.

Ini termasuk memberi mereka informasi tentang pembagian warisan, tanah, dan sumber daya produktif yang adil. pensiun dan jaminan sosial tidak hanya didasarkan pada status perkawinan; pekerjaan yang layak dan upah yang setara; dan kesempatan pendidikan dan pelatihan.

BACA JUGA:Petani Menjerit, Jatah Pupuk Subsidi Hanya 40 Kg Per Musim Tanam

Memberdayakan para janda untuk menghidupi diri mereka sendiri dan keluarga mereka juga berarti mengatasi stigma sosial yang menciptakan eksklusi dan praktik-praktik diskriminatif atau merugikan Lalu, negara mana saja dengan janda terbanyak? Berikut 5 negara tersebut menurut berbagai sumber:

India

India mempunyai jumlah janda terbanyak tidak hanya di benua Asia namun juga di dunia. Pada tahun 2010, Loomba Foundation melaporkan terdapat 42,4 juta janda di India. Kemudian pada tahun 2015, jumlah janda di India meningkat menjadi 46,4 juta jiwa. Berkat indikator ini, India berhasil mengungguli Cina yang dulunya menjadi peringkat pertama.

Salah satu kota di India, Vrindavan, bahkan dikenal sebagai kota para janda. Julukan ini diberikan kepada kota yang dianggap suci oleh umat Hindu karena terdapat lebih dari 20.000 janda yang tinggal di Vrindavan. Kota di utara Uttar Pradesh ini juga memiliki banyak tempat penampungan janda, baik yang dikelola oleh pemerintah, LSM, dan perusahaan swasta.

Maladewa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: