Terbukti di Jepang, Olahraga Ini Bisa Bikin Panjang Umur

Terbukti di Jepang, Olahraga Ini Bisa Bikin Panjang Umur

Terbukti di Jepang, Olahraga Ini Bisa Bikin Panjang Umur--

RADARUTARA.ID- Tingkat harapan hidup di Jepang adalah salah satu yang paling tinggi di dunia. Umumnya, masyarakat Jepang hidup hingga usia 84 tahun. Angka, ini sangat kontras dengan angka harapan hidup penduduk Indonesia yang rata-rata hanya 69-19 tahun. 

Selain menjaga asupan makan dan bersikap positif, ternyata warga di Jepang juga memiliki aktivitas fisik khusus. Seorang penulis buku IKIGAI: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang, Hector Garcia dan Francesc Miralles, telah melakukan penelitian lebih dari 100 orang tertua di Okinawa, Jepang yang menjadi zona biru centernatian (orang berumur 100 tahun) tertinggi di dunia. 

Garcia dan Miralles, menemukan, banyak dari warga Lansia di Jepang yang terlihat bugar karena melakukan aktivitas ringan sampai berat. 

"Anda tidak perlu pergi ke gym selama satu jam setiap hari atau lari maraton. Seperti yang ditunjukkan oleh para centenarian Jepang kepada kita, yang Anda butuhkan hanyalah aktif bergerak setiap hari," tulis García dan Miralles, dikutip Sabtu 20 April 2024.

BACA JUGA:Pengumuman! Beasiswa LPDP Telkom University Segera Dibuka, Berikut Cara Daftarnya

Dalam buku mereka, menyebut ada latihan fisik selama 5 menit yang dilakukan penduduk Okinawa, latihan itu disebut Radio taiso. 

Hampir semua orang yang diwawancarai Garcia dan Miralles, mengaku jika mereka berlatih Radio taiso atau serupa seperti senam pemanasan yang populer di Jepang selama beberapa dekade. 

"Bahkan penghuni panti jompo yang kami kunjungi mendedikasikan setidaknya lima menit setiap hari untuk itu, meskipun beberapa melakukan latihan dari kursi roda mereka," tulis para penulis.

Disebut Radio taiso, karena instruksi untuk gerakkan tersebut pertama kali disiarkan di radio pada tahun 1929.

Dan sampai sekarang, radio taiso masih mengudara setiap hari pada pukul 6:30 pagi di salah satu stasiun radio tertua di Jepang, NHK Radio 1, menurut sebuah situs yang didedikasikan untuk latihan tersebut.

BACA JUGA:Walau Terlihat Sepele, Namun 6 Perbuatan Ini Bisa Membuat Rezeki Suami Seret

Gerakannya berintensitas rendah, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari Anda dan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk melakukannya.

Tujuan utama dalam radio taiso adalah untuk mempromosikan semangat persatuan di antara para peserta. Latihan biasanya dilakukan berkelompok, termasuk di sekolah sebelum belajar dan di kantor atau toko sebelum bekerja.

"Salah satu latihan radio taiso yang paling ikonik terdiri dari mengangkat tangan ke atas kepala dan kemudian menurunkannya dengan gerakan melingkar," tulis penulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: