Busui Merapat, Ini 3 Cemilan Lebaran untuk Memperlancar Asi, Sehat dan Bernutrisi

Busui Merapat, Ini 3 Cemilan Lebaran untuk Memperlancar Asi, Sehat dan Bernutrisi

Busui Merapat, Ini 3 Cemilan Lebaran untuk Memperlancar Asi, Sehat dan Bernutrisi--

RADARUTARA.ID - Menyuguhkan beraneka ragam camilan sudah menjadi tradisi saat perayaan besar seperti Lebaran. Membahas tentang camilan Lebaran, ada kabar baik bagi para busui. Ternyata ada yang bagus dan bantu memperlancar ASI ibu menyusui.

Camilan lebaran yang ternyata bermanfaat bagi ibu hamil tak lain yaitu kacang-kacangan. Kacang yang termasuk paling sering dikonsumsi menjadi camilan yaitu kacang almond, kacang mete, hingga kacang tanah. Yang mana ketiga kacang ini, akan dibahas manfaatnya untuk ibu menyusui.

1. Kacang almond

Almond adalah gudang nutrisi penting mulai dari Vitamin E, Vitamin B2, B3, dan B1. Ini juga termasuk sumber yang kaya mineral seperti Magnesium, Tembaga, Fosfor, Kalsium, Besi, dan Seng. Almond kerap dianggap berfungsi sebagai galactagoguesi. Dengan menambahkan susu almond atau almond ke dalam makanan pasca melahirkan, kamu bisa secara efektif meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Tetapi almond adalah makanan yang berpotensi menyebabkan alergi, maka dari itu kalau bayi alergi terhadap kacang-kacangan, seperti almond, mengkonsumsinya saat menyusui bisa mengganggu perut bayi yang disusui.

BACA JUGA:Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Terbaik di Kelasnya! Harga Rp1 Jutaan Sudah Fitur Lengkap dan Hemat Listrik

2. Kacang mete

Dalam Kacang mete terkandung sebagian besar tembaga, mineral penting untuk produksi energi, perkembangan otak yang sehat, hingga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Kacang juga adalah sumber magnesium dan mangan, nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Kacang mete kaya akan karotenoid dan polifenol, dua kategori antioksidan yang bisa membantu mengurangi peradangan dan memberikan perlindungan dari penyakit.

Kacang mete adalah tambahan yang aman untuk makanan kebanyakan orang, terutama bagi ibu menyusui. Namun, sebaiknya pertimbangkan untuk memanggang sendiri kacang mete yang belum dipanggang di rumah tanpa menggunakan minyak tambahan.

BACA JUGA:Awas! 10 HP Ini Memiliki Pengaruh Radiasi Paling Tinggi, Termasuk Punya Kamu?

3. Kacang tanah

Kacang tanah untuk ibu menyusui sangat aman dikonsumsi bahkan ketika sedang hamil, sebab kacang tanah tidak akan menimbulkan bahaya apa pun kepada bayi kecuali ibu atau bayinya memang mempunyai alergi atau sensitif terhadap kacang.

Kacang tanah kaya akan asam folat atau vitamin B9. Nutrisi ini paling penting dalam pertumbuhan otot dan jaringan saraf pada bayi. Kacang tanah kaya akan berbagai lemak nabati tak jenuh. Lemak ini akan membantu dalam berfungsinya sistem peredaran darah dan pembuluh darah secara efisien.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: