Istimewa, Ini 5 Amalan Utama yang Bisa Dikerjakan di Bulan Syawal

Istimewa, Ini 5 Amalan Utama yang Bisa Dikerjakan di Bulan Syawal

Istimewa, Ini 5 Amalan Utama yang Bisa Dikerjakan di Bulan Syawal--

RADARUTARA.ID - Syawal adalah bulan kemenangan bagi umat muslim setelah aatu bulan penuh menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

Bulan Syawal mempunyai keistimewaan sebagai pelengkap ibadah di bulan Ramadhan sehingga keberkahannya akan terus mengalir untum semua umat muslim.

Ada beberapa amalan yang bisa mendatangkan pahala berlimpah jika dikerjakan semata-mata hanya karena Allah.

Berikut ini amalan-amalan yang dapat dikerjakan setiap muslim di salah satu bulan yang mulia ini.

BACA JUGA:Cara Efektif Atasi Kelelahan Perjalanan Selama Mudik Lebaran

1.  Puasa Syawal 6 Hari

Puasa enam hari di bulan Syawal mempunyai keutamaan seperti puasa sepanjang tahun. Seperti yang disebutkan dalam riwayat yang berasal dari Abu Ayub Al Anshari, Rasulullah SAW bersabda:

“Bagi siapa berpuasa Ramadan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun.” 

2.  Puasa Senin Kamis

Para ulama mengungkapkan bahwa niat puasa Senin Kamis yang digabungkan dengan puasa Syawal hukumnya yaitu diperbolehkan. Menggabungkan puasa Senin Kamis dan puasa Syawal diibaratkan seperti niat mengerjakan sedekah dan silaturahmi.

Kalau seseorang menggabungkan dua puasa sunnah, maka akan mendapat pahala dari keduanya. Maka dari itu, umat muslim yang mengerjakannya bisa memperoleh dua manfaat dari dua aktivitas puasa sunnah tersebut.

BACA JUGA:Apa Boleh Puasa Syawal Digabungkan dengan Puasa Senin Kamis?

3.  Puasa Ayyamul Bidh

Amalan sunnah di bulan Syawal lainnya yaitu puasa Ayyamul Bidh. Puasa sunnah ini dilakukan setiap tangal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriah) di tiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: