Cara Efektif Atasi Kelelahan Perjalanan Selama Mudik Lebaran

Cara Efektif Atasi Kelelahan Perjalanan Selama Mudik Lebaran

Cara Efektif Atasi Kelelahan Perjalanan Selama Mudik Lebaran--

RADARUTARA.ID- Di musim liburan atau mudik Lebaran, kualitas tidur seringkali terganggu. Adapun penyebabnya juga bermacam-macam, mulai dari perjalanan mobil yang tidak nyaman, jet lag di pesawat, stres saat merencanakan perjalanan, hingga perasaan cemas karena bepergian sendirian. 

Padahal, tidur malam yang nyenyak merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. 

Gangguan-gangguan tersebut sering kali menyebabkan kelelahan perjalanan atau travel fatigue, yang membuat pemudik merasa pening dan kelelahan.

BACA JUGA:Getah Karet di Bengkulu Utara Tembus Belasan Ribu per-Kilogram

Berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan untuk membantu agar tidur lebih nyenyak selama perjalanan:

1. Persiapkan Tubuh untuk Jadwal Baru

- Mulai tiga hari sebelum berangkat, tetapkan waktu tidur sesuai zona waktu di tujuan setiap harinya. Ini akan membantu tubuh terbiasa dengan perubahan waktu baru yang akan dialami dalam beberapa hari, dan memungkinkan pemudik tetap tertidur di perjalanan.

- Aturan ini ada pengecualian: jika pemudik atau pelancong melintasi zona waktu hanya selama 2 hari, patuhi jadwal waktu tidur.

2. Jadwal Seperti Penduduk Setempat

- Saat tiba di tujuan, sinkronkan jadwal dengan penduduk setempat. Bangunlah saat bangun pagi dan tidur di jam yang sama seperti penduduk setempat.

BACA JUGA:Polisi Minta Pengunjung Tapak Balai Tidak Lakukan Empat Hal Ini

3. Kemas Pakaian dengan Nyaman:

- Bawalah pakaian yang paling nyaman untuk bepergian dan bantal berkualitas baik untuk tidur. Bahan yang longgar dapat membantu merasa nyaman saat melakukan perjalanan jauh, dan hal ini penting jika ingin tidur selama perjalanan.

- Bawalah bantal standar untuk jok belakang mobil atau bantal berbentuk C untuk melingkari leher saat berada di pesawat atau kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: