Musim Mudik Lebaran Pengguna Jalan Tol Meningkat, Tercatat Capai 3.000 Kendaraan

Musim Mudik Lebaran Pengguna Jalan Tol Meningkat, Tercatat Capai 3.000 Kendaraan

Musim Mudik Lebaran Pengguna Jalan Tol Meningkat, Tercatat Capai 3.000 Kendaraan dan ini perkiraan puncak arus balik--

RADARUTARA.ID - Menjelang Puncak arus Balik Pada idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 ini penggunaan tol Bengkulu - Taba Penanjung mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam dua hari tepatnya 11 dan 12 April kendaraan yang melintas mencapai 3.000 kendaraan.

Branch Manager Tol Bengkulu - Taba Penanjung Medya Gustian di Bengkulu mengungkapkan, Arus lalu lintas pada arus balik mengalami peningkatan. Hal ini lantaran pada hari biasanya rata-rata kendaraan yang melintas hanya sekitar 1.600.

"Sekarang telah mencapai 3.000 lebih kendaraan dalam dua hari terakhir," katanya 

BACA JUGA:PT Jasa Marga Tiadakan Aturan E-toll Kadaluarsa Selama Masa Mudik Lebaran 2024

Ia menyebutkan kendaraan yang melintas di Tol Bengkulu - Taba Penanjung dominasi oleh kendaraan dari dalam Provinsi Bengkulu dan hanya beberapa kendaraan dari luar Bengkulu yang melintas.

Untuk prediksi peningkatan atau puncak arus balik yang menggunakan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, kata dia, terjadi pada H-1 akhir libur atau pada 14 atau 15 April 2024.

"Sementara itu pada arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah pada 3 April hingga 10 April 2024 mencapai 12.173 kendaraan atau meningkat sebanyak 14,13 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas pada hari biasanya," tutupnya.

BACA JUGA:H+4 Lebaran: Arus Lalu Lintas di Jalinbar Putri Hijau Lancar, Kunjungan Wisatawan Meningkat

Sementara itu pncak arus Mudik di Bengkulu diperkirakan bakal terjadi pada 18 April 2024 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi, mengungkapkan bahwa arus lalu lintas balik mudik menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah sudah mulai berlangsung sejak H+3, atau pada tanggal 13 April 2024.

"Fenomena ini diprediksi terutama terjadi pada pemudik yang akan kembali ke daerah asalnya di Pulau Jawa, sehingga terjadi pergeseran hari libur yang seharusnya dimulai pada Selasa, 16 April, dengan puncaknya diperkirakan berlangsung hingga Kamis, 18 April," ujarnya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlambat, Ini Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Mudik Lebaran

Bambang menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh arus lalu lintas yang menuju ke luar daerah dari provinsi Bengkulu ke daerah asal. Diperkirakan, arus ini akan mencapai puncaknya di Pelabuhan Bakauheni pada malam Senin dan Selasa.

"Arus lalu lintas cenderung lancar terutama bagi pemudik yang akan melalui Lintas Barat Sumatera, seperti rute Bengkulu - Sumatera Barat dan Bengkulu - Lampung," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: