Agar Semakin Berkah, Ini Waktu Terbaik untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah

Agar Semakin Berkah, Ini Waktu Terbaik untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah

Agar Semakin Berkah, Ini Waktu Terbaik untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah--

RADARUTARA.ID- Zakat adalah bagian dari harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim jika sudah mencapai syarat tertentu.

Zakat diberikan kepada asnaf atau golongan orang yang memang berhak menerimanya. Kewajiban zakat terdiri dari dua jenis, yakni zakat fitrah dan zakat mal.

Zakat fitrah adalah kewajiban zakat bagi muslim ketika Ramadhan sampai menjelang sholat Idul Fitri. Sedangkan zakat mal adalah zakat atas segala jenis harta yang muslim punya.

BACA JUGA:3 Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Malam Terbaik di Bulan Ramadan untuk Mengejar Pahala

Terutama untuk zakat fitrah, Islam mengatur besaran zakat wajib setara 3,5 liter atau 2,5 kilogram makanan pokok per orang di wilayah tersebut.

Seperti di Indonesia, penduduknya mengkonsumsi beras sebagai makanan pomok, maka zakat fitrah yang dibayarkan dalam bentuk 3,5 liter atau 2,5 kg beras.

Tetapi, zakat fitrah juga bisa dibayar dalam bentuk uang. Namun, besarannya harus setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kg beras tersebut.

BACA JUGA:Mbah Moen Sebut Keistimewaan Bulan April, Penentu Rezeki Setahun

Berikut waktu terbaik untuk mengeluarkan zakat fitrah.

1. Waktu mubah

Waktu mubah yaitu waktu yang diperbolehkan walaupun bukan yang utama. Waktu mubah untuk membayar zakat fitrah yaitu sejak awal sampai akhir Ramadhan. Maknanya, muslim tidak boleh membayar zakat fitrah sebelum bulan Ramadhan.

2. Waktu wajib

Waktu wajib merupakan waktu yang utama untuk membayar zakat fitrah. Waktu yang wajib membayar zakat fitrah yaitu pada akhir Ramadhan dan awal Syawal.

Maknanya, muslim membayar zakat fitrah sesudab melangsungkan puasa Ramadhan terakhir hingga terbitnya matahari awal Syawal atau berlangsungnya sholat Subuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: