Jelang Lebaran, 68 Lansia di Desa Air Putih Terima BLT-DD Triwulan I TA 2024, Kades : Semoga Bermanfaat

Jelang Lebaran, 68 Lansia di Desa Air Putih Terima BLT-DD Triwulan I TA 2024, Kades : Semoga Bermanfaat

Penyaluran BLT-DD triwulan I TA 2024 Desa Air Putih--

RADARUTARA.ID- Jelang lebaran Idul Fitri 1445 H 68 keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Air Putih, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Bengkulu Utara terlihat sumringah. Ini, setelah ke 68 KPM yang umumnya dalam kondisi lanjut usia (Lansia) dan telah dipilih oleh desa melalui proses seleksi dan musyawarah desa antara RT, kepala dusun (Kadus), BPD serta pendamping desa, itu menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) triwulan I (Januari, Februari dan Maret) TA 2024.

Penyaluran BLT-DD tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Air Putih, Bambang Syahrial dan turut disaksikan oleh Camat MSS, Abdul Hadi, SIP, Bhabinkamtibmas, tenaga pendamping desa serta Ketua BPD Desa Air Putih di Balai Desa Air Putih pada Kamis (4/4) hari, ini.

Kades Air Putih, Bambang Syahrial, mengakui, bahwa jumlah KPM BLT-DD di desanya pada TA 2024 ini berjumlah 68 KPM. Angka, ini kata Bambang, telah ditetapkan oleh pemerintah desa melalui proses musyawarah dengan melibatkan seluruh komponen terkait di tingkat desa dan telah merujuk kepada kondisi ekonomi serta sosial masyarakat.

"Jika dibanding desa lainnya jumlah KPM BLT-DD kita memang lumayan masih banyak, yakni 68 KPM. Jumlah ini telah didasari berita acara musyawarah desa yang melibatkan unsur terkait di desa mulai dari RT, Kadus, BPD hingga tidak terlepas dari pengamatan tenaga pendamping desa dan merujuk kepada kondisi ekonomi serta sosial masyarakat yang dominan memprioritaskan warga lanjut usia," ungkap Kades.

Kades berharap, masyarakat agar dapat mensyukuri segala bentuk bantuan yang diberikan, terlebih di Bulan Suci Ramadhan ini. Dikarenakan kata Kades, bantuan yang disalurkan oleh pemerintah pusat hingga desa beragam. Sehingga sebagian KPM ada yang mendapatkan beras dan ada juga yang mendapatkan BLT-DD dalam bentuk uang tunai. Maka dari, itu besar kecilnya nominal dari setiap bantuan yang diterima harus tetap disyukuri mengingat setiap bantuan memiliki regulasi dan sistem yang berbeda-beda. 

"Tolong gunakan BLT-DD ini dengan sebaik mungkin. Baik, itu untuk membeli kebutuhan bahan pokok, berobat atau kebutuhan dasar lainnya. Semoga bermanfaat," ungkap kades.

Selanjutnya, masih Kades, dalam realisasi DD tahap I TA 2024, ini pihaknya juga berusaha merealisasikan pembayaran honorarium lembaga di lingkungan desa. Dengan harapan, melalui pemberian honorarium tersebut seluruh lembaga di tingkat desa dapat memberikan kontribusinya untuk mendukung kemajuan desa.

"Dukungan terhadap kelembagaan di TA 2024, ini kita tambahkan untuk pengurus kematian (Rukem). Selebihnya dukungan terhadap kelembagaan lain seperti Posyandu, PAUD dan kelembagaan lainnya tetap kita realisasikan seperti tahun-tahun sebelumnya," demikian Kades. (Adv)


Rapat musyawarah pra pekerjaan DD TA 2024 di Desa Air Putih--


--


Penyaluran BLT-DD triwulan I TA 2024 Desa Air Putih--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: