Kabar Gembira Subsidi Pupuk Rp54 T Sudah Cair, Ini Sasarannya

Kabar Gembira Subsidi Pupuk Rp54 T Sudah Cair, Ini Sasarannya

Kabar Gembira Subsidi Pupuk Rp 54 T Sudah Cair--

RADARUTARA.ID- Kabar gembira untuk para petani, pasalnya Subsidi Pupuk senilai Rp 54 T dari pemerintah sudah mulai dicairkan. Oleh sebab itu petani juga sudah bisa mendapatkan pupuk subsidi tersebut.

Pada tahun 2024 ini pemerintah memang telah menambahkan anggaran untuk subsidi pupuk sebesar Rp 28 Triliun sehingga total anggaran untuk subsidi pupuk mencapai Rp 54 T.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyampaikan, anggaran untuk pupuk subsidi sudah mulai terealisasi sejak beberapa hari lalu.

"Petani udah bisa mendapatkan pupuk subsidi karena sudah terealisasi," ujarnya 

BACA JUGA:Hasil Panen Membludak, Harga Duku Kini Hanya Rp3-5 Ribu Perkilogram, Petani Mengeluh

Dikatakannya pula, untuk harga eceran tertinggi (HET) pupuk subsidi padat tahun 2024 ini masih sama dengan tahun 223 lalu yakni Rp2.250 per kilogram (kg) untuk Urea dan Rp2.300 per kg untuk NPK. 

'Jika harga di lapangan lebih tinggi petani bisa melapor, saya pesankan kepada distributor kalau mempermainkan harga, mempermainkan petani kami cabut izinnya, itu sudah menjadi komitmen dengan PIHC (Pupuk Indonesia Hodling Company)," kata Amran.

Diungkapkannya pula, dengan adanya tambahan pupuk subsidi ini diharapkan bisa memberikan dampak positif kepada produksi pertanian. 

"Kalo dalam waktu dekat kita tidak bisa berjanji, tapi kita doakan agar produksi bisa naik apalagi El Nino susah diprediksi, El Nino sampai Juli," ujarnya.

Sementara itu dengan penambahan anggaran ini maka alokasi pupuk mencapai 9,55 juta ton. Kebijakan ini resmi diputuskan melalui surat menteri keuangan no S-297/MK.02.2024.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: