Hasil Panen Membludak, Harga Duku Kini Hanya Rp3-5 Ribu Perkilogram, Petani Mengeluh

Hasil Panen Membludak, Harga Duku Kini Hanya Rp3-5 Ribu Perkilogram, Petani Mengeluh

Harga Duku, Rp 3 -5 Ribu Per Kg, Petani Mengeluh --

RADARUTARA.ID- Saat ini harga duku di pasaran sangat turun hingga menyentuh angka Rp 3 - 5 Ribu perkilgrammnya. Kondisi ini pun membuat para petani duku yang ada di Provinsi Bengkulu mengeluhkan hal tersebut.

Disampaikan oleh Sutris Petani Duku asal Seluma, biasanya harga Duku berkisar antara Rp 10 - 12 Ribu per kg. Akan tetapi karena banyaknya duku yang masuk dari luar daerah membuat harga Duku merosot jauh.

"Ini karena Banjir duku yang masuk dari luar daerah akibatnya, harga Duku jadi turun jauh," keluhnya.

BACA JUGA:Maju Pilkada Bengkulu Utara 2024, Dukungan Arie Septia Adinata Terus Mengalir

Sementara itu Dikatakan oleh Parjo Penjual Duku di Kota Bengkulu, semenjak harga Duku yang turun drastis omset penjualan menjadi meningkat.

"Sejak harga Duku yang turun, omset meningkat, kalo dulu saat harga berkisar Rp 10 ribuan satu hari hanya terjual paling banyak 50 Kilogram namun sekarang setelah harga turun, bisa terjual sampai 100 Kg per hari," katanya.

Namun dirinya tetap berharap kedepan harga duku bisa kembali stabil, sehingga para petani maupun penjual tidak terlalu merugi. Apalagi ini akan mendekati hari lebaran, yang notabenenya membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit dan hasil buah duku dan penjualan duku menjadi salah satu sumber penghasilan saat ini.

"Semoga bisa balik stabil lagi dan kami penjual dan petani juga bisa merasakan berlebaran dengan hati tenang ditahun ini," harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: