Mitos atau Fakta, Menjemur Baju di Malam Hari Akan Membuat Baju 'Ditempeli' Setan?

Mitos atau Fakta, Menjemur Baju di Malam Hari Akan Membuat Baju 'Ditempeli' Setan?

Mitos atau Fakta, Menjemur Baju di Malam Hari Akan Membuat Baju "Ditempeli" Setan?--

RADARUTARA.ID- Mengangkat jemuran merupakan kegiatan yang biasa dilakukan di pagi atau siang hari. Tentu hal, ini dilakukan karena saat pagi dan siang hari, sinar matahari akan membantu kita untuk mengeringkan pakaian lebih cepat. Selain, itu udara panas di siang hari juga bisa membantu membunuh kuman dan bakteri yang ada di pakaian. 

Di sisi lain, menjemur pakaian di malam hari sebenarnya tidak dianjurkan karena udara malam memperlambat proses pengeringan pakaian. Udara malam yang dingin, apabila bertemu dengan kain atau pakaian yang masih basah bisa menimbulkan jamur lebih cepat. 

Ini, tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain, itu juga banyak obrolan di masyarakat yang menyebut bahwa menjemur pakaian di malam hari akan mengundang setan atau pakaian bisa ditempeli setan.  Lalu apakah hal tersebut merupakan mitos atau fakta?

BACA JUGA:Dinikahi dengan Mahar Rp1,7 Miliar, Uang yang Diterima Janda di NTB Malah Mendadak Berubah Jadi Daun Kering!

Menjawab pertanyaan, Ustad Farid Nu'man Hasan, menerangkan bahwa dalam agama Islam sendiri tidak ada aturan atau larangan mengenai menjemur baju di malam hari. Ia, juga menegaskan bahwa pendapat yang mengatakan menjemur baju di malam hari bisa membuat baju ditempeli setan adalah takhayul dan tidak benar adanya. 

"Tidak ada larangan hal itu dalam Islam, baik Al Quran, As Sunnah, Ijma', atau keterangan ulama empat mazhab. Apa yang tersebar di medsos bahwa itu menjadi tempatnya syetan adalah khurafat dan tahayul, tidak ada dasar sama sekali," ungkap Ustad Farid dilansir dari detikcom pada Senin 1 April 2024.

Selanjutnya, Syaikh Shalih al Munajjid mengomentari keyakinan tersebut dengan perkataan sebagai berikut:

وإنما هي دعوى باطلة ، وخرافة كالتي تنتشر بين الناس

Artinya: Itu adalah klaim batil dan khurafat yang tersebar di antara manusia. (Al Islam Su'aal wa Jawaab No. 212916)

BACA JUGA:Habis Minum Kopi Jangan Buru-buru Dicuci, Berikut Manfaat Ampas Kopi dan Cara Pengunaannya

Islam memang agama yang mencintai kebersihan dan keindahan. Namun, apabila menjemur baju di malam hari dikaitkan dengan setan dan makhluk ghaib, itu adalah perkataan yang tidak benar dan tidak berdasar menurut Islam.

Islam menganjurkan untuk selalu menjaga kebersihan diri dan pakaian. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak menggantung pakaian di dinding rumah.

"Namun jika alasannya adalah kebersihan dan kesehatan memang sebaiknya tidak menggantungkan pakaian di dinding rumah. Jika kotor maka taruh di tempat khusus pakaian kotor, jika bersih letakkan di lemari pakaian," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: