Sah atau Tidak? Mandi Junub Tanpa Keramas Menggunakan Sampo

Sah atau Tidak? Mandi Junub Tanpa Keramas Menggunakan Sampo

Sah atau Tidak? Mandi Junub Tanpa Keramas Menggunakan Sampo--

RADARUTARA.ID- Mandi junub identik dengan keramas. Sebab, saat Mandi junub, air harus diguyur dari ujung rambut sampai ujung kaki atau ke seluruh tubuh.

Namun apakah mandi junub harus selalu menggunakan sabun dan sampo? Bagaimana hukum mandi junub tanpa Kermas menggunakan sampo?

Dijelaskan, bahwa mandi junub adalah membersihkan hadas besar dari tubuh yang diwajibkan oleh Islam. Seseorang dalam keadaan junub wajib hukumnya melakukan mandi junub. 

Adapun, hal yang bisa membuat seseorang berada dalam kondisi junub adalah hubungan eks suami istri atau kegiatan apapun yang membuat organ intim mengeluarkan cairan. 

BACA JUGA:Diisukan Tak Bisa Nyalon Gubernur Bengkulu Lagi, Begini Tanggapan Rohidin

Biasanya, saat mandi seseorang akan menggunakan sampo untuk membersihkan rambut yang telah dibasahi. Tapi, sebenarnya soal keramas dengan sampo saat mandi junub tak bisa dibahas dalam Islam. 

Dilansir melalui NU Online, ada dua rukun mandi wajib atau junub. Pertama, adalah niat dan kedua membasahi seluruh tubuh dengan air dari ujung kepala sampai kaki. 

Hanya dengan menjalankan dua hal, ini maka mandi junub dianggap sah. Selain, itu dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW juga hanya menggunakan air ketika mandi junub.

BACA JUGA:Jayabaya Ramal Masa Depan Pulau Jawa, Begini Isinya

Berikut hadist yang membahasnya:

"Diriwayatkan Aisyah, istri Nabi, sesungguhnya ketika Nabi Muhammad akan mandi besar, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan, wudhu seperti wudhu untuk salat, memasukkan jari tangan ke dalam air [untuk dibersihkan], kemudian membersihkan sela-sela rambut, selanjutnya menyiramkan air di atas kepala tiga ciduk dan meratakan air ke seluruh tubuh."

Oleh karena itu, hukum mandi wajib tanpa keramas dengan sampo adalah tetap sah. Yang terpenting adalah membacakan niat dan membasuh seluruh tubuh dengan air.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: