Mana yang Lebih Baik? Berbuka dengan Teh Manis, Air Putih atau Air Kelapa?

Mana yang Lebih Baik? Berbuka dengan Teh Manis, Air Putih atau Air Kelapa?

Mana yang Lebih Baik? Berbuka dengan Teh Manis, Air Putih atau Air Kelapa?--

RADARUTARA.ID- Selain minum air putih atau teh manis, ternyata air kelapa juga bisa menjadi menu yang lebih baik untuk berbuka puasa. Tapi diantara jenis minuman di atas, itu mana sih yang paling bagus untuk berbuka puasa?

Faktanya, berbuka puasa dengan air kelapa murni tanpa tambahan gula sangat baik. Ini, karena kandungan kalium di dalam air kelapa bisa mengantikan cairan tubuh yang hilang. 

Di sisi lain, air kelapa juga bisa membuat tubuh menjadi segar, meminum air kelapa juga akan memberi manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan mencegah terbentuknya batu ginjal. 

BACA JUGA:Sedih, Lebaran Tahun Ini Para Honorer Dipastikan Tidak Dapat THR

Air Kelapa

Dikutip dari Healthshots, air kelapa adalah salah satu minuman manis yang bisa menjadi alternatif buka puasa. Selain menyegarkan, air kelapa juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, hingga mencapai 7.300 miligram per liter (mg/L), yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Bahkan, minum air kelapa saat perut kosong dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk kesehatan.

Sisi lainnya, Minum air kelapa saat perut kosong dapat membuat tubuh menyerap nutrisi pada air kelapa dengan lebih efektif. Artinya, minum air kelapa saat berbuka puasa dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk kesehatan.

Namun, Anda dihimbau untuk tidak menambahkan bahan lainnya ketika minum air kelapa, termasuk gula dan sirop, agar manfaat yang lebih besar bisa didapatkan

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Selama Ramadhan, Arie Septia Adinata Berikan Empat Tips Tetap Sehat dan Semangat Berpuasa

Air Putih

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, air putih adalah pilihan paling aman dan sehat untuk berbuka puasa. Tubuh kehilangan cairan lebih dari 12 jam, dan yang bisa menolong mengembalikan cairan dalam tubuh adalah air putih.

Dalam sehari, biasanya manusia dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter. Ketika berpuasa, kebutuhan itu harus segara dicukupkan setelah waktu berbuka.

Teh Manis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: