Tempo Setahun 867 Warga Bengkulu Terinfeksi penyakit TBC

Tempo Setahun 867 Warga Bengkulu Terinfeksi penyakit TBC

Jumlah penderita TBC di Bengkulu--

RADARUTARA.ID- Tempo satu tahun yakni dari Januari 2023 hingga Maret 2024 Dinas kesehatan Kota Bengkulu Mencatat ada 867 orang di kota Bengkulu yang terinfeksi penyakit  penyakit Tuberculosis (TBC). 

Plt Kepala Dinkes Kota Bengkulu, Joni Haryadi Tabrani, menyampaikan bahwa TBC yang menjangkit ratusan warga kota Bengkulu itu disebabkan karena banyak warga  yang memiliki gejala batuk selama lebih dari dua pekan namun tidak memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. 

"Data pembaharuanya baru dua tahun seiring proses pengobatannya yakni selama 6 bulan," ujarnya.

BACA JUGA:Minum Kopi Bersama Durian Ternyata Bisa Menurunan Depresi hingga Mengurangi Resiko Kanker

Dirinya juga mengakui bahwa penyakit TBC memang sangat sulit untuk di deteksi lantaran kesadaran dari masa yang masih rendah. Diungkapkannya pula untuk mencegah TBC kian menyebar luas pihaknya juga terus melakukan deteksi.

"Kita lakukan skrening dengan membawa  alat-alat kesehatan seperti pot dahak untuk memeriksa kesehatan masyarakat," ungkapnya.

Diungkapkannya pula, penyakit TBC paling banyak di derita oleh masyarakat kelas Rendah. Hal ini lantaran gaya hidup dan asupan gizi yang kurang.

"Penyakit TBC cenderung diderita oleh masyarakat berekonomi rendah. Jarang sekali ada masyarakat yang berekonomi mapan sakit TBC," ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: