Orang Tua Wajib Tahu, Ini 7 Cara Mendidik Anak Ala Rasulullah SAW

Orang Tua Wajib Tahu, Ini 7 Cara Mendidik Anak Ala Rasulullah SAW

Orang Tua Wajib Tahu, Ini 7 Cara Mendidik Anak Ala Rasulullah SAW--

RADARUTARA.ID- Mendidik anak adalah tanggung jawab yang besar untuk para orangtua. Banyak cara yang bisa dilaksanakan oleh orang tua dalam hal Mendidik anak. Untuk umat muslim, cara Mendidik anak dalam islam sangatlah dianjurkan lantaran kita mempunyai role model Rasulullah SAW.

Dengan berpedoman kepada cara Rasulullah SAW, niscaya akan membentuk anak-anak menjadi pribadi yang lebih baik, berbakti kepada orang tua serta bermanfaat untuk orang lain.

Pasalnya haris kita sadari bahwa rumah merupakam pendidikan pertama yang diperoleh seorang anak untuk membentuk kepribadiannya sebelum nantinya ia akan menlanjutkan ke pendidikan di sekolah ataupun pesantren.

BACA JUGA:Terungkap! Ternyata Ini Alasan Nabi Muhammad Ketika Makan Kurma Selalu dalam Jumlah Ganjil

Beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh orang tua dengan mengikuti cara Rasulullah SAW diantaranya sebagai berikut:

1. Mengajarkan Tauhid Dasar Ajaran Agama Islam

Tauhid adalah ajaran menanamkan kepercayaan kepada Allah SWT. Umumnya, hal ini sudah dilakukan ketika Si Kecil lahir ke dunia dengan membisikkan azan dan iqomah di kedua telinganya. 

2. Rutin Mendengarkan Lantunan Al-Qur’an Sejak Kecil

Umumnya sang anak mendengarkan ayat ayat suci Al-Qur’an bahkan sejak di dalam kandungan. Dengan mendengarkan ayat suci Alquran akan membuat anak jadi terbiasa dengan firman Allah SWT. Saat anak sudah beranjak besar, mulailah untuk mengajarkan kepada anak cara membaca Al-Qur’an hingga menghafalnya secara perlahan.

3. Mengajarkan Tata shalat 

Shalat merupakan suatu kewajiban untuk seorang muslim. Wajib hukumnya untuk menunaikan shalat. Itu sebabnya, orang tua diwajibkan juga memberi pemahaman mengenai shalat dan mengajarkan urutan dan doa yang wajib dibaca saat shalat.

Langkah pertama bisa dimulai dengan mengajarkan wudhu kepada anak. Urutan wudhu yang baik dan benar termasuk kunci sebelum menunaikan shalat.

BACA JUGA:Cukup 2 Bahan, Ini Tips Mematangkan Alpukat dengan Cepat, Menyajikan Es Teler Jadi Makin Praktis

4. Menceritakan Kisah – Kisah Nabi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: