ASN Pertama yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Banyak Tunjangan! Ini Rincian Lengkapnya

ASN Pertama yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Banyak Tunjangan! Ini Rincian Lengkapnya

ASN Pertama yang Pindah ke IKN Bakal Dapat Banyak Tunjangan! Ini Rincian Lengkapnya--

RADARUTARA.ID- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sudah merumuskan beberapa tunjangan kepada aparatur sipil negara (ASN) pertama yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebutkan, tunjangan yang disebut dengan tunjangan pioneer itu berupa tunjangan pindah.

"Sudah kita rumuskan. Nanti akan mendapat tunjangan kepindahan, packing. Lalu, tunjangan mereka berangkat dengan keluarganya ke IKN," ucap Anas yang dikutip dari cnbcindonesia.

BACA JUGA:Mudah Banget, Begini Cara Cek Saldo Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Bansos PKH untuk tahun 2024

Bukan hanya tunjangan, secara detail ia menyebutkan bahwa ada pula tunjangan transportasi. Terdiri dari transportasi udara atau pesawat terbang, sampai jalur darat untuk yang rumahnya dekat IKN.

"Kan nanti mendapat tunjangan naik pesawat. Yang jauh naik pesawat. Kecuali yang dekat mungkin cuma bawa barang-barang," kata Anas.

Walaupun rumusan tunjangan pioneer sudah selesai disusun, Anas masih tidak ingin menyebutkan secara rinci. Yang jelas, katanya, para ASN yang pindah ke IKN akan mendapat banyak fasilitas hidup demi mendukung kinerjanya.

"Mobil yang masuk yakni mobil listrik, oksigennya cukup, nanti setiap minggu akan ada pentas budaya lokal dari semua kabupaten/kota, tempat ibadahnya representatif, saya kira pasti menyenangkan," ungkap Anas.

Presiden Jokowi juga menekankan, akan mulai berkantor di IKN pada bulan Juli 2024 mendatang bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yakni Basuki Hadimuljono.

BACA JUGA:Apa Benar, Aki Cepat Soak Gara-gara Sering Matikan Mesin Motor Pakai Standar?

Sedangkan, bagi para abdi negara di pemerintahannya sendiri akan pindah kantor secara bertahap. Di bulan Juli 2024, jumlahnya yang pindah tahap pertama sebanyak 6.000 orang, disesuaikan kesiapan hunian ASN dan TNI-Polri di IKN.

"ASN ini akan pindah secara bertahap," ucap Jokowi.

ASN yang dipindahkan ke IKN di tahap awal ini akan diperuntukkan dalam persiapan upacara bendera HUT RI pada 17 Agustus 2024. Sedangkan pada tahap kedua akan dipindahkan di bulan Oktober dan November 2024 mendatang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: