Catat, Ini Jadwal Libur Sekolah Sambut Awal Ramadhan 2024 untuk TK, SD, SMP, di Provinsi Bengkulu

Catat, Ini Jadwal Libur Sekolah Sambut Awal Ramadhan 2024 untuk TK, SD, SMP, di Provinsi Bengkulu

Jadwal Libur Sekolah Sambut Awal Ramadhan 2024 untuk TK, SD, SMP, di Provinsi Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Bulan suci Ramadhan akan tiba sebentar lagi. Di bulan ini, semua umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Kabar baiknya, akan ada 5 hari libur yang dijadwalkan untuk menyambut awal Ramadhan 2024.

Hal ini lantaran ada libur yang jadwalnya bertepatan dengan awal Ramadhan sehingga menjadikannya sebagai tanggal merah selama empat hari berturut-turut.

Sebagai informasi, penetapan Ramadhan akan dilakukan melalui sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Bahkan, biasanya ada perbedaan awal puasa antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) atau pemerintah.

Muhammadiyah sendiri, sudah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024 dengan menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal.

Penetapan tersebut tercsntum dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024.

BACA JUGA:Jadwal Pendaftaran CPNS-PPPK 2024 Diundur, Cek Jadwal Terbarunya Disini

Sedangkan untuk NU dan Pemerintah baru akan menetapkan kapan 1 Ramadan 1445 H sesudah melalui sidang isbat yang digelar akhir Syaban nanti.

Berbanding terbalik dengan Muhammadiyah, NU dan Pemerintah akan memakai metode rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan.

Walaupun demikian, jika melihat pada kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kementerian Agama, maka awal Ramadhan 2024 versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh di hari Selasa, 12 Maret 2024.

Makanya awal Ramadhan 2024/1445 H versi NU dan pemerintah masih berupa prediksi sebagaimana yang merujuk pada kalender. Penetapan tanggal pastinya akan diumumkan setelah sidang isbat.

BACA JUGA:Penasaran, Kenapa Bus Tidak Pernah Memastikan Mesin saat Mengisi BBM? Ternyata Ini Alasannya

Menurut kalender pendidikan setiap provinsi, berikut ini jadwal libur sekolah menyambut awal ramadhan 2024 untuk jenjang TK, SD, SMP di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: