Pencairan Bansos BPNT Tahap 2 Maret 2024 Segera Dimulai, Ini Cara Cek Saldo di KKS Anda

Pencairan Bansos BPNT Tahap 2 Maret 2024 Segera Dimulai, Ini Cara Cek Saldo di KKS Anda

Pencairan Bansos BPNT Tahap 2 Maret 2024 Segera Dimulai, Ini Cara Cek Saldo di KKS Anda--

RADARUTARA.ID- Pemerintah terus memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat sejak  terdampak pandemi Covid-19. 

Salah satu program bansos yang disalurkan adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga miskin dan rentan.

Sebelumnya, BPNT adalah program bansos yang disalurkan secara non tunai melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Sembako

Pada awal 2023 lalu dilakukan perubahan, Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak menerima bansos sembako.

Melainkan mendapatkan Rp200.000 per bulan, yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warung atau agen yang ditunjuk pemerintah sesuai kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:Desa di MSS Berharap Status PKM Suka Makmur Naik Menjadi Rawat Inap, Begini Tanggapan Kapus

Sementara itu, BPNT akan disalurkan dalam enam tahap selama satu tahun, dengan total Rp1,2 juta per KPM. 

Pada bulan Maret 2024 ini, BPNT memasuki tahap kedua pencairan, yang dialokasikan untuk bulan  Maret dan April. Jadi, setiap KPM akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp400.000 untuk dua bulan tersebut.

Lantas bagaimana cara mengecek dan mengambil dana bantuan BPNT tahap 2 yang dijadwalkan cair pada bulan Maret 2024 ini? Simak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Cara Cek Penerima Bansos BPNT

Untuk mengecek apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bansos BPNT atau tidak, Anda dapat mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id yang disediakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Di situs ini, Anda dapat memasukkan nomor identitas berupa NIK KTP dan nama, serta memilih provinsi, kabupaten/kota, dan desa/kelurahan tempat tinggal Anda. Kemudian, klik tombol 'Cari Data' dan hasil pencarian akan muncul di layar.

Anda juga dapat menghubungi call center Kemensos di nomor 1500299 atau mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor 0811100299 untuk menanyakan status penerimaan bansos BPNT Anda.

BACA JUGA:Kabar Baik untuk PNS! Menteri Keuangan Pastikan THR Tahun Ini Akan Dibayar 100 Persen, Ini Jadwal Pencairannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: