Mengenal Kopi Luwak, Minuman Unik dan Mahal dari Indonesia

 Mengenal Kopi Luwak, Minuman Unik dan Mahal dari Indonesia

Mengenal Kopi Luwak, Minuman Unik dan Mahal dari Indonesia--

RADARUTARA.ID- Kopi luwak adalah salah satu jenis kopi yang paling terkenal dan mahal di dunia. Kopi ini berasal dari Indonesia, dan memiliki proses pembuatan yang sangat unik dan alami. Kopi luwak dibuat dari biji kopi yang telah dimakan dan dikeluarkan oleh luwak, sejenis musang yang hidup di hutan.

Biji kopi yang telah melewati saluran pencernaan luwak mengalami fermentasi alami, yang mengubah struktur protein dan keasaman biji kopi. Hal ini membuat kopi luwak memiliki rasa yang halus, tidak getir, dan sedikit asam buah. Biji kopi yang telah menjadi kotoran luwak kemudian dikumpulkan, dicuci, dikeringkan, dan disangrai oleh para petani.

Proses pembuatan kopi luwak ini ditemukan pada abad ke-17, saat masa penjajahan Belanda di Indonesia. Saat itu, para petani kopi dilarang memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi. Mereka kemudian menemukan cara alternatif untuk menikmati kopi, yaitu dengan mengambil biji kopi dari kotoran luwak yang ada di sekitar kebun.

BACA JUGA: Ini Jenis Kopi Paling Mahal di Indonesia, Nomor 2 Masih Jadi Favorit Banyak Orang

BACA JUGA:Kabar Baik untuk PNS! Menteri Keuangan Pastikan THR Tahun Ini Akan Dibayar 100 Persen, Ini Jadwal Pencairannya

Kopi luwak menjadi sangat populer dan dicari oleh para pecinta kopi di seluruh dunia karena keunikannya. Harga kopi luwak sangat tinggi, mencapai 160 dolar AS atau sekitar 2,28 juta rupiah per 500 gram. Alasan utama kopi ini mahal adalah karena prosesnya yang alami dan langka. Luwak sangat selektif dalam memilih buah kopi yang akan dimakan, dan hanya memakan buah kopi dengan kualitas terbaik. Jumlah kopi luwak yang diproduksi juga sangat terbatas, hanya sekitar 500 kg per tahun.

Kopi luwak merupakan salah satu komoditas perkebunan unggulan di Indonesia. Kopi ini menjadi salah satu produk yang menunjukkan kekayaan dan keanekaragaman alam Indonesia. Kopi luwak juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang ingin mencicipi kopi khas Indonesia. Beberapa daerah yang terkenal dengan produksi kopi luwak adalah Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Kopi luwak adalah minuman yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan ekonomi yang tinggi bagi Indonesia. Kopi ini menunjukkan bagaimana para petani kopi Indonesia mampu menciptakan produk yang unik dan berkualitas dari alam. Kopi luwak juga menjadi salah satu simbol kebanggaan dan prestasi Indonesia di dunia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: