Jangan Salah! Begini Doa dan Cara Mandi Besar Saat Puasa Ramadhan yang Benar

Jangan Salah! Begini Doa dan Cara Mandi Besar Saat Puasa Ramadhan yang Benar

Jangan Salah! Begini Doa dan Cara Mandi Besar Saat Puasa Ramadhan yang Benar--

RADARUTARA.ID- Mandi sebelum puasa Ramadhan bukanlah hal yang wajib. Karena mandi besar sebelum berpuasa bukan termasuk dalam syarat sah puasa. mandi besar hanya diwajibkan untuk individu yang sedang mengalami hadast besar

Mandi sebelum memulai puasa Ramadhan tidak diwajibkan secara ritual. Ini karena mandi besar sebelum berpuasa tidak termasuk dalam syarat sah puasa. Mandi besar hanya diwajibkan bagi individu yang mengalami hadats besar. 

Kendati demikian, mandi sebelum puasa Ramadhan adalah tindakan sunnah yang dianjurkan. Ini, terungkap dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri. Selain, itu juga ada aturan serta doan yang dianjurkan untuk mandi sebelum memulai puasa Ramadhan. 

Dengan begitu, meskipun tidak menjadi syarat sah untuk melaksanakan puasa Ramadhan, mandi yang dimulai dengan membaca doa mandi puasa Ramadhan adalah salah satu tindakan yang dianjurkan. Lalu bagai mana doa mandi puasa Ramadhan dan aturannya? Berikut penjelasan lengkapnya:

BACA JUGA: Ini Jenis Kopi Paling Mahal di Indonesia, Nomor 2 Masih Jadi Favorit Banyak Orang

Tujuan Mandi Sebelum Berpuasa Ramadhan

Dijelaskan Syekh Ibrahim al-Bajuri, mandi keramas sebelum memulai puasa Ramadhan memiliki tujuan yang penting. 

Tujuannya yakni, untuk membersihkan diri baik secara fisik maupun spiritual sebelum menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain, itu mandi sebelum puasa Ramadhan juga menjadi bagian dari praktek mandi sunnah yang dianjurkan dalam ajaran Islam. 

Menurut pandangan hukum Islam, mandi sunnah sebelum puasa Ramadhan merupakan wajib dilaksanakan, didampingi dengan bacaan doa khusus yang harus dibaca sebelum mandi. 

Diketahui, bahwa mandi sebelum berpuasa, seseorang disiapkan secara fisik dan spiritual untuk memulai ibadah puasa dengan baik.

Sehingga mandi sebelum puasa Ramadhan memiliki tujuan khusus yaitu membersihkan diri secara fisik dan spiritual, memenuhi mandi sunnah sesuai hukum Islam, serta membaca doa sebagai bagian integral dari ibadah. Semua, itu bertujuan untuk mempersiapkan diri secara menyeluruh dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan dengan penuh ketulusan. 

BACA JUGA:Daftar Harga HP Samsung Terbaru Maret 2024, Cocok untuk yang Ingin Ganti Ponsel

Doa Mandi Saat Puasa Ramadhan

Doa mandi puasa Ramadhan adalah Sunnah, terutama saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Karena niat adalah komponen yang menentukan apakah suatu perbuatan dinilai sebagai ibadah atau hanya sekedar rutinitas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: