5 Dosa Penghapus Pahala Puasa Ramadhan

5 Dosa Penghapus Pahala Puasa Ramadhan

Hati-hati, 5 Dosa Ini Bisa Menghapus Pahala Puasa Ramadhan--

RADARUTARA.ID- Hukum puasa pada saat bulan Ramadhan adalah wajib bagi semua umat muslim untuk menyempurnakan agama. Dan selama berpuasa, seseorang harus menahan diri dari semua makanan, minuman serta keinginan seksual. Kendati terlihat sepele, tapi banyak orang yang tanpa disadari tidak menjalankan puasa secara penuh. 

Di sisi lain, umat muslim juga harus mengetahui apa saja yang bisa merusak nilai pahala puasa Ramadhan bahkan sebelum melaksanakannya. Karena, ini adalah bagian dari prinsip dasar untuk mencapai sebuah tujuan yang sempurna. 

Diterangkan oleh Anas RA, sahabat Nabi, ada lima dosa yang Rasulullah SAW ungkapkan bisa menghapus pahala puasa. Oleh sebab, itu seluruh umat muslim harus berhati-hati supaya ibadah puasa yang yang dilaksanakan di bulan Ramadhan, tidak menggugurkan pahala saat berpuasa. 

BACA JUGA:Antara Pupuk Cair dan Pupuk Butiran, Mana yang Lebih Efektif Diserap oleh Tanaman?

Berikut, ini adalah hal yang menyebabkan dosa dan bisa membatalkan puasa menurut Badan Amil Zakat Nasional:

1. Bohong

Salah satu hal yang tidak disukai Allah adalah berbohong. Meskipun itu tidak membatalkan puasa, tindakan ini memberikan ganjaran khusus.

Namun, berbohong ada berbagai macam, mulai dari yang dilakukan untuk menghindari bahaya, menjunjung kesopanan, hingga yang dilakukan secara sengaja untuk merugikan orang lain. Dengan tujuan terakhir, berbohong mengakibatkan dosa dan menghilangkan pahala puasa.

2. Ghibah

Ghibah, atau berbicara tentang keburukan orang lain juga dapat menghilangkan pahala puasa. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Al-Hujurat ayat 12, ghibah dianggap sebagai hal yang tercela bahkan jika tidak berpuasa. Memakan daging mayat saudara sendiri dianalogikan dengan bergunjing.

BACA JUGA:Jenis HP Ini Tidak Akan Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp, Auto Ganti Baru

3. Adu Domba

Ada kemungkinan ketiga bahwa pahala berpuasa akan dihapus jika seseorang mengadu domba orang yang sebelumnya rukun. Tindakan ini biasanya berasal dari gunjingan atau fitnah. Hal ini melanggar hukum Islam dengan alasan apa pun. Karena itu, mereka yang terlibat pasti akan mengalami kerugian moral dan materi.

4. Berjanji Palsu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: