Tak Hanya Bunga Rafflesia, Bengkulu Utara Juga Menjadi Habitat Rhizanthes Deceptor

Tak Hanya Bunga Rafflesia, Bengkulu Utara Juga Menjadi Habitat Rhizanthes Deceptor

Tak Hanya Bunga Rafflesia, Bengkulu Utara Juga Menjadi Habitat Rhizanthes Deceptor --

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID- Bengkulu Utara tidak hanya menjadi habitat bunga Rafflesia saja? Ada jenis bunga lain yang masih dalam famili Rafflesia yang pernah tumbuh subur di kawasan hutan tropis Bengkulu Utara. Bunga tersebut bernama Rhizanthes Deceptor.

Keberadaan Rhizanthes Deceptor terbilang masih kurang dikenal daripada Rafflesia Arnoldi. Hal tersebut dikarenakan habitat dan penyebarannya terbatas, sehingga sangat sulit ditemukan. 

Kondisi alam dan iklim yang kurang menentu, sering kali membuat tumbuhan langka ini sukar tumbuh, terlebih karena tanaman parasit ini hidup bergantung pada tumbuhan inangnya. Jika inangnya tidak menemukan kondisi yang sesuai untuk tumbuh, maka Rhizanthes Deceptor pun sulit untuk tumbuh dan mekar.

BACA JUGA:2 Bunga Raflesia Mekar Berdampingan di Kemumu, Wajib Dikunjungi!

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Sejumlah Bapok Terpantau Naik di Bengkulu Utara

Rhizanthes Deceptor adalah tumbuhan parasit yang berbunga tanpa daun, batang dan akar yang tumbuh di wilayah hutan tropis dengan ketinggian 500 m hingga 700 m. Salah satu kawasan penyebaran tanaman ini berada di Kabupaten Bengkulu Utara.

Bunga Rhizanthes Deceptor, pernah di temukan pada awal tahun 2016 lalu, tepatnya di jalur Air Terjun Tik Baes, DAM Air Lais, Desa Kuro Tidur, Kawasan Lereng Bukit Barisan Bengkulu Utara. 

"Penemuan itu juga tercatat menjadi pertama kalinya setelah 20 tahun lamanya keberadaanya hilang," ujar Cak Yoyok, salah satu pecinta Raflesia Bengkulu.

Karakteristik bunga Rhizanthes Deceptor yakni berbeda dengan bunga Rafflesia meskipun masih dalam satu famili. Rhizanthes Deceptor memiliki kelopak bunga yang lebih kecil dari pada kelopak bunga Rafflesia. Kelopak bunga Rhizanthes Deceptor berwarna putih tipis dengan garis kecoklatan dan pada bagian tengah bunga berwarna coklat. Sementara, diameter bunga Rhizanthes deceptor berkisar 15-27 cm. Dan Sekilas, kelopak bunga Rhizanthes Deceptor ini mirip dengan bunga daisy dengan ukuran yang lebih besar.


Salah seorang pengunjung dari luar negeri saat melihat bunga Rhizantes Deceptor --

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: