Umat Islam Wajib Tahu, Ini Ayat yang Bisa Dipanjatkan untuk Meringankan Sakaratul Maut

Umat Islam Wajib Tahu, Ini Ayat yang Bisa Dipanjatkan untuk Meringankan Sakaratul Maut

Umat Islam Wajib Tahu, Ini Ayat yang Bisa Dipanjatkan untuk Meringankan Sakaratul Maut--

RADARUTARA.ID- Dengan mengetahui ayat mempermudah sakaratul maut akan menjadi sesuatu yang penting bagi umat Islam. Pasalnya, sakaratul maut sendiri merupakan sebuah peristiwa yang paling menyakitkan dan akan dialami oleh semua umat manusia.

Rasulullah SAW menyebutkan betapa dahsyatnya peristiwa sakaratul maut dalam sebuah hadits. Level terendah dari sakaratul maut yaitu seperti duri yang menancap pada kain sutra.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

Kematian yang paling ringan ibarat sebatang pohon penuh duri yang menancap di selembar kain sutera. Apakah batang pohon duri itu bisa diambil tanpa membawa serta bagian kain sutera yang tersobek?” (Hadits Riwayat Bukhari).

Begitu luar biasanya tanda sakaratul maut yang dirasakan, bahkan terkadang membuat seseorang lupa untuk mengingat Allah. Itu sebabnya, orang-orang yang berada di sekitarnya dianjurkan untuk membacakan ayat-ayat Al-Quran untuk meringankan rasa sakit serta mengantarkannya menuju kematian yang husnul khatimah.

BACA JUGA:Peserta yang Lolos Kartu Prakerja Gelombang 63 Segera Diumumkan, Cek Namamu Disini

Lantas ayat-ayat apa saja yang diperintahkan untuk dibaca agar mempermudah sakaratul maut?

Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Surat Yasin

Salah satu manfaat dari membaca surat yasin yaitu mempermudah seseorang ketika menghadapi ajalnya. Hal ini tercatat dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Thabrani.

Selain itu, membacakan surat yasin kepada orang yang tengah menghadapi sakaratul maut juga menjadi perbuatan yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah.

BACA JUGA:Besaran Zakat Fitrah 2024, Baznas Bengkulu Utara Tunggu Fatwa MUI

2. Kalimat syahadat “Laa Ilaaha illallah”

Jika seseorang sedang berada dalam sakaratul maut, orang-orang di sekelilingnya diperintahkan untuk mentalqin syahadat. Hal ini bertujuan supaya menyelamatkan iman dan Islam orang tersebut hingga mengantarkannya kepada kematian yang husnul khatimah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: